Sukses

Mesin Kecil, Menguji Peruntungan Jaguar F-Pace

Liputan6.com, Jakarta Selain segmen multi purpose vehicle (MPV) yang menjadi primadona di Tanah Air, pasar sport utility vehicle (SUV) juga berpotensi menjadi primadona di pasar otomotif Tanah Air.

Jadi, tidak heran jika banyak pabrikan yang juga berlomba-loma untuk meluncurkan model SUV terbaru. Begitu juga dengan merek premium, seperti Jaguar, yang baru saja merilis Jaguar F-Pace 2.0 liter.

Sebelumnya, Jaguar F-Pace ini hadir dengan mesin 3.0 liter. Kemudian untuk mengakomodasi permintaan konsumen dengan mesin yang lebih kecil, serta harga yang lebih kompetitif, pabrikan asal Inggris ini mendatangkan Jaguar F-Pace anyar, yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.

"Kurang yah (penjualan Jaguar F-pace 3.0 liter), jadi mungkin untuk harga segitu, konsumen merasa terlalu tinggi. Jadi, memang konsumen yang tertarik membeli mesin 3.0 liter untuk yang suka mesin besar," jelas Tommy Handoko, Product Manager PT WAE di sela-sela peluncuran Jaguar F-Pace 2.0 liter di dealer Jaguar land Rover, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Lanjut Tommy, bagi konsumen yang memang memikirkan fungsionalitas, mesin 2.0 liter sudah cukup untuk digunakan sebagai kendaraan di perkotaan, terlebih di Jakarta dengan kondisi lalu lintas yang padat. "Waktu itu kita tidak punya, sekarang kita punya yang 2.0 liter, jadi ada pilihan buat konsumen," tambahnya.

Sementara itu, dengan adanya Jaguar F-Pace berkapasitas 2.0 liter ini, PT WAE berharap dapat mendongkrak penjualan SUV asal inggris ini sebesar 30 persen, dengan harga yang ditawarkan lebih kompetitif.

"Dengan perbedaan harga sekitar Rp 400 jutaan, dan juga dilihat kasat mata tidak terlalu berbeda jauh, sport-nya dapat, desainnya juga bagus, dan pastinya harga lebih murah," pungkasnya.

Untuk diketahui, untuk target Jaguar F-Pace 2.0 liter ini, pihak PT WAE menargetkan penjualan sekitar satu sampai dua unit sebulan, jadi sampai akhir tahun jika terlego lima sampai enam unit sudah pencapaian yang cukup bagus.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Toyota Tj Cruiser, Buah Perkawinan SUV dan Van

Toyota Motor Corporation (TMC) akan memberikan kejutan dengan memperkenalkan mobil konsep bergenre baru, yaitu Toyota Tj Cruiser. Untuk pertama kalinya, mobil yang menggabungkan kelegaan dari sebuah van dan ketangguhan SUV ini akan dipamerkan pada ajang Tokyo Motor Show mendatang pada 25 Oktober hingga 5 November 2017.

Tj Cruiser dirancang untuk pengguna yang membutuhkan kendaraan yang sanggup dipakai untuk bekerja sekaligus bermain. Huruf T berasal dari kata 'Toolbox', ini melambangkan bagaimana mobil ini bisa digunakan layaknya 'toolbox'. Sedangkan huruf j berarti 'joyful', yang diartikan sebagai kesenangan mengunjungi berbagai lokasi menggunakan mobil.

Bentuk eksterior yang mengotak terinspirasi dari van yang menawarkan kepraktisan. Bagian kaki-kaki yang kokoh terinspirasi dari SUV, kesan kokoh diperkuat dengan wajahnya yang mengintimidasi. Beberapa panel body Tj Cruiser diberikan lapisan khusus untuk mencegah baret dan kotoran.

Bagian kabin diklaim dapat menyimpan barang dengan panjang hingga 3 meter. Bagian kabin juga disemati berbagai titik untuk mengaitkan barang-barang dalam berbagai ukuran. Pintu bagasi berukuran ekstra besar akan mempermudah keluar masuk barang berukuran besar seperti sepeda.

Tj Cruiser menggunakan platform TNGA generasi terbaru. Mesinnya akan menggunakan mesin berkapasitas 2,0 liter yang dipadukan dengan sistem hybrid. Sistem penggeraknya akan tersedia dengan pilihan penggerak depan atau penggerak empat roda.

Artikel Selanjutnya
Mini Siapkan Mobil Mungil Terbuas, Cek Detailnya
Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?