Sukses

Jaguar Punya F-Pace Diesel, Kapan Masuk Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta Sport utility vehicle (SUV) andalan PT Wahana Auto Ekamarga (WAE), Jaguar F-pace resmi meluncur di Tanah Air. Berbeda dengan model sebelumnya yang terlebih dahulu hadir, F-Pace baru ini dipersenjatai mesin yang lebih kecil, yaitu 2,0 liter.

Untuk diketahui, di pasar global, Jaguar F-Pace tidak hanya memiliki pilihan mesin bensin, tapi juga mesin diesel berkapasitas 2,0 liter dan 3,0 liter. Lalu, kenapa PT WAE tidak juga membawa varian diesel ke Tanah Air?

Dijelaskan Tommy Handoko, Product Manager PT WAE, keputusan untuk membawa mesin 2,0 liter bensin ini karena pihak pabrikan asal Inggris ini ingin memperkenalkan produk yang lebih kompetitif dari segi harga, namun tidak kompromi dari segi performa.

"Jadi, model ini akan cocok sebagai kendaraan yang digunakan di perkotaan, yang kita tidak perlu akselerasi yang berlebihan, namun butuh tenaga yang cukup dan efisiensi yang lebih baik," jelas Tommy Handoko di sela-sela peluncuran Jaguar F-Pace 2,0 liter di dealer Jaguar Land Rover (JLR), Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2017).

Lanjut Tommy, untuk konsumen di Indonesia, khususnya konsumen kendaraan premium, persepsi untuk mobil SUV masih lebih ke arah mesin bensin dibanding mesin diesel.

"Lalu, untuk memperkenalkan mesin baru memang harus mendapatkan persetujuan dari pihak prinsipal, dan kita belum mendapatkan itu. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga kita bisa menghadirkan varian mesin diesel ke Indonesia,' pungkasnya.

Untuk diketahui, Jaguar F-Pace dipersenjatai dengan mesin bensin empat silinder 2,0 liter, dan mampu menghasilkan daya hingga 246 Tk. Dengan suntikan twin-scroll turbo, mobil ini mampu menghasilkan torsi puncak hingga 365 Nm pada 1.200 rpm.

Dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-speed dan sistem penggerak AWD, F-Pace mampu berakselarasi dari 0 sampai 100 km/jam dalam 6,8 detik, dengan klaim konsumsi bahan bakar mencapai 7,5 liter/100 km atau 13,5 km/liter.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Ini Perbedaan Jaguar F-Pace Anyar dan Lawas

Untuk melengkapi jajaran SUV andalannya di Tanah Air, PT Wahana Auto Ekamarga (WAE), distributor resmi Jaguar Land Rover (JLR) di Indonesia meluncurkan F-Pace terbaru. Berbeda dengan varian sebelumnya yang mengadopsi mesin 3,0 liter, untuk model ini dipersenjatai mesin 2,0 liter.

Sebagai perbandingan, Jaguar F-Pace anyar dipersenjatai mesin bensin Ingenium empat silinder berkapasitas 2,0 liter turbocharger, dan mampu menghasilkan daya hingga 246,5 Tk, dengan torsi 365 Nm.

Sedangkan Jaguar F-Pace 3,0 liter V6 supercharger menghasilkan dua pilihan output yang berbeda, yaitu 335 Tk dengan torsi puncak 450 Nm, dan 375 Tk dengan torsi puncak 450 Nm

Lalu, selain mesin apa saja perbedaan Jaguar F-Pace anyar dan lawas?

"Selain mesin, memang ada perbedaan eksterior dan interior, namun fitur kurang lebih sama," jelas Tommy Handoko, Sales Planning, Product Dealer Standard & Import Manager PT WAE, di sela-sela peluncuran Jaguar F-Pace di dealer JLR, Kamis (12/10/2017).

Untuk eksterior, Jaguar F-Pace menggunakan bodi kit biasa, sedangkan yang lawas menggunakan bodi kit R Sport, lalu dari kaki-kaki model baru ini menggunakan pelek yang lebih kecil, yaitu 20 inci, sedangkan yang model lama menggunakan pelek berukuran 22 inci.

Sementara itu, untuk interior Jaguar F-Pace baru menggunakan jok standar, sedangkan yang model lawas menggunakan jok sport. "Tapi, kalau konsumen tidak terlalu memikirkan jok, jadi yang standar saja cukup," tambahnya.

Sedangkan untuk fitur tidak ada ubahan yang terlalu mencolok, dengan layar 12,3 inci di tengah konsol sebagai pusat pengendali infotainment termasuk sistem InControl Touch Pro Navigation dan sistem audio Meridian 380 watt.

Artikel Selanjutnya
Ikuti Jejak Aston Martin, Porsche Tertarik Garap Mesin F1
Artikel Selanjutnya
Proyek Besar Aston Martin di Dunia Hybrid, Seperti Apa?