Sukses

Makin Banyak Pabrikan Ekspor Mobil, Toyota Makin Senang

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pabrikan besar sudah memproduksi mobil di dalam negeri. Namun kebanyakan pabrikan masih fokus meniagakan produknya di pasar domestik ketimbang melakukan ekspor.

Salah satu pabrikan yang akan melakukan ekspor produk barunya adalah Mitsubishi Motors Corporation via PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI). Mereka akan melempar produk Mitsubishi Xpander ke negara ASEAN. Rencananya, ekspor mulai dilakukan awal tahun depan dengan target 20 ribu per tahun.

Menanggapi hal ini, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) justru merasa senang karena pemain ekspor bertambah dan memberikan efek positif bagi pertumbuhan industri otomotif Tanah Air.

"Sebenarnya kalau banyak yang ekspor kita senang karena base-nya di Indonesia akan naik, suplier-nya juga akan berkembang. Berartikan Indonesia dijadikan base, makanya kita berharap semua bisa jadi eksportir. Gak cuma yang brand Jepang saja, Korea juga cepet-cepet lah," terang Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN di Jakarta baru-baru ini.

Menurut dia, hasil ekspor ini tidak hanya pabrikan yang menikmati tetapi vendor-vendor yang berkaitan juga merasakan. "Yang paling penting (dari ekspor) bukan kita (pabrikan) yang nikmati, supply chain kita juga ngerasain," Bob menambahkan.

Sementara itu, mengenai rencana kerja sama bilateral khususnya di bidang otomotif antara pemerintah Indonesia dan Australia disebut masih dalam pertimbangan TMMIN.

"Untuk Australia, kita pelajari terus market-nya karena Indonesia dengan Australia domestik market-nya berbeda. Kita masih lihat-lihat, di mana sebenarnya kita punya oppurtunity," kata Bob.

Sejauh ini, TMMIN melakukan ekspor kendaraan Toyota ke lebih dari 80 negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, Kepulauan Karibia, Pasifik, serta Timur Tengah. Disebutkan Bob, wilayah ini masih menjadi fokus utama TMMIN.

"Kita menyebutnya Amena, yaitu Asia, Middle East dan North Africa atau negara maghribi kita bilangnya. Kami masih fokus di sini (Amena)," tutup Bob.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Dua Faktor Penentu Toyota Indonesia Bisa Ekspor ke Australia
Artikel Selanjutnya
Pajak Sedan Bakal Turun, Begini Reaksi Bos Toyota