Sukses

Seberapa Kencang Wuling Confero?

Liputan6.com, Bali - Wuling Confero S saat ini menjadi satu produk yang dimiliki PT SGMW Motors Indonesia sebagai modal awal untuk bertarung di pasar otomotif nasional.

Meski masih menjadi anak baru, sedikit demi sedikit masyarakat cukup luluh menerima mobil yang memiliki darah daging dari daratan Tiongkok tersebut.

Salah satu kabar cukup positif dari Wuling Confero S berasal dari media sosial. Di mana akun Instagram @Wuling_id mengunggah mobil yang dibanderol antara Rp 128,8 juta sampai Rp 165,9 juta, bodinya cukup kuat saat menabrak angkot di Minahasa.

Namun, tak hanya soal kekuatan bodi, ada juga akun grup Facebook Wuling Club Indonesia yang memperlihatkan kecepatan Wuling Confero S tembus di angka 159 km/jam dalam catatan di spidometer.

Dari rekaman tersebut terdengar seorang pengemudi mengatakan bahwa mobil yang dirakit di GIIC Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, itu lingkar kemudinya sangat ringan.

“Stirnya ringan banget. 200 (kecepatan 200 km/jam) masuk ini mah,” ungkap sang pengendara yang mengunggahnya tiga minggu lalu.

Kabar mobil berkapasitas 7-8 penumpang tersebut rupanya sampai ke telinga pihak PT SGMW Motors Indonesia. Bahkan, hal itu membuat Product Planning Specialist Wuling Motors Indonesia Arief Ramadhi angkat bicara.

Kata dia, meski terlihat dalam video di media sosial mampu menunjukkan angka 159 km/jam, bahkan disebut dapat berlari hingga 200 km/jam, pihak Wuling belum mampu memastikannya dengan benar.

“Enggak tau kami apa itu lagi dyno test, atau enggak. Kalau dyno test bisa-bisa saja, kan jalanannya itu juga tidak terlihat," ungkap Arief saat ditemui di kawasan Ubud, Bali, Kamis (12/10/2017).

Sebaliknya, Arief mengatakan saat ini pihak Wuling Motors telah melakukan beragam pengujian pada Confero S soal kecepatan dan mampu dipacu hingga 170 km/jam.

1 dari 2 halaman

Wuling Tahan Banting Walau Nabrak Angkot

PT SGMW Motors Indonesia selaku agen tunggal pemegang merek mobil Wuling Indonesia kerap dipandang sebagai mobil murah. Hal ini tak lain karena harga mobil asal Tiongkok itu dibanderol jauh lebih rendah dibandingkan mobil sekelasnya yang dibuat dari Jepang, yakni antara Rp 128,8 juta sampai Rp 165,9 juta.

Namun begitu, sebuah akun Instagram @Wuling_id baru-baru ini mengunggah sebuah gambar, bahwa mobil yang dirakit di GIIC Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, itu cukup tahan banting.

"Untuk mobil sekelas Low MPV ada yang lebih kuat dari Wuling Confero S?" tulis @Wuling_id, Senin (8/10/2017).

Jika melihat gambar yang ditampilkan, terlihat bagian depan Wuling Confero S 1.5 asal Minahasa dengan pelat nomor DB 1156 LJ hanya mengalami beberapa goresan di bagian kap mesin.

Sebaliknya, angkot biru dengan pelat nomor DB 1033 QB, pada bagian bumper belakang blesek.

Keberadaan gambar-gambar peristiwa kecelakaan Wuling Confero S VS angkot ini membuat Product Planning Specialist Wuling Motors Indonesia Arief Ramadhi angka bicara. Kata dia, meski diunggah atas nama akun Wuling_id, dirinya belum mengetahui secara pasti keaslian gambar tersebut.

“Foto itu bukan dari kami yang ngasih gambar, tapi dari dealer kalau enggak salah," kata Arief saat ditemui di kawasan Ubud, Bali, Rabu (11/10/2017).

Namun begitu, Arief tak menampik, jika terjadi kecelakaan dengan contoh kasus di atas, kemungkinan memang hanya titik spot bagian atas saja yang bersentuhan dengan kendaraan lain. Alhasil, hanya bagian kap mesin yang rusak.

“Kami juga enggak tahu keadaan angkotnya bagaimana bumpernya, karena tergantung posisi saat ditabrak, dan tergantung bahannya juga," terang Arief.

 

Artikel Selanjutnya
Perlukah Menguras Minyak Rem Mobil?
Artikel Selanjutnya
Awas, Kecerobohan Bisa Bikin Mobil Terbakar