Sukses

5 Cara Hilangkan Bau Tak Sedap di Dalam Kabin Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai aroma khas hadir di kabin mobil, baik itu untuk mobil baru maupun lawas. Pada mobil baru, bau dikeluarkan dari material bawaan pabrik.

Namun ternyata, aroma yang berasal dari mobil baru cukup berbahaya karena mengandung bahan kimia yang melekat di plastik, kain atau atau perekat. Misal dari material pembuat dashboard, jok, karpet dan lainnya.

Sementara untuk mobil-mobil lawas, mereka kerap mengeluarkan bau yang tak sedap karena saat digunakan banyak barang-barang lembab atau basah berada di dalam mobil.

Parahnya, semua barang-barang yang dapat mengeluar bau akan lebih cepat merebak karena tersengat paparan panas matahari.

Nah karena itu, dikutip Popular Mechanics, Sabtu (14/10/2017), untuk menghilangkan bau tak sedap, langkah awal adalah mengeluarkan semua barang yang berpotensi mengeluarkan bau, seperti pakaian, sepatu hingga peralatan olah raga.

Selain itu, buang sampah-sampah yang tertinggal, baik sampah kertas, makanan atau botol minuman. Bersihkan pula bagian-bagian yang sulit dijangkau, seperti sesuatu hal yang kerap terselip di jok mobil.

Jika langsung menggunakan pengharum ruang mobil, hal itu bukan menjadi solusi. Sebab, pengharum mobil terbuat dari bahan kimia. Oleh karena itu, ada baiknya untuk pengharum menggunakan bahan alami seperti biji kopi.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

 

1 dari 2 halaman

Cara Membersihkan Interior

Ada beberapa cara untuk membersihkan kabin mobilpun yang patut dilakukan, antara lain:

Pertama, melihat buku manual. Dari situ kita akan menemukan beberapa aturan dan peralatyan yang dapat digunakan untuk membershikan kabin mobil. Beberapa perlengkapan tersebut yaitu spons, air hangat, dan sabun batang untuk mandi.

Langkah kedua, angkat alas dan karpet mobil. Bersihkan dengan cara disapu atau di vakum menggunakan penyedot debu. Bagian bawah mobil biasanya banyak sampah makanan yang terjatuh.

Untuk menghilangkan aroma tak sedap di bagian alas bisa menggunakan baking soda yang ditabur ke seluruh bagian, termasuk karpet. Namun bisa juga hal itu dilakukan pada bagian jok, yang ditabur baking soda.

Setelah itu, ada baiknya diamkan selama semalam. Selanjutnya, baking soda yang telah ditabur dibersihkan dengan cara di vakum.

Langkah ketiga, bersihkan bagian langit-langit mobil. Sebab kotoran bisa saja menempel di atap mobil. Salah satunya jika pengendara atau penumpang merokok, sehingga bau dari asap akan menempel di bagian atap.

Untuk membersihkannya Anda cukup mengolesnya dengan menggunakan kuas yang sebelumya telah dicelupkan pada cairan sabun pembersih. Selanjutnya ratakan dengan menggunakan handuk. Setelah itu keringkan dengan menggunakan kain perca.

Keempat, bersihkan bagian seatbelt. Sebelum dibersihkan ada cara yang harus dilakukan, yaitu tarik sabuk keselamatan hingga mentok. Setelah itu sabuk sedikit dipelintir beberapa kali. Cara ini juga dipercaya untuk kembali meregangkan sabuk.

Bersihkan bagian sabuk ini dengan cara digosok menggunakan kuas lalu diratakan menggunakan spons. Setelah itu keringkan dengan kain perca.

Kelima, untuk menghilangkan bau ada baiknya memeriksa bagian pendingin ruangan. Bagian yang perlu dibersihkan yakni penyaring udara.

Namun jika Anda tak tahu caranya disarankan serahkan pada orang yang mengerti dan dapat melakukannya.

Artikel Selanjutnya
5 Ide Brilian Manfaatkan Teh Celup Bekas
Artikel Selanjutnya
Empat Cara Ampuh Mencegah Aroma Tidak Sedap pada Mobil