Sukses

Yamaha Bikin Mobil Konsep, seperti Apa?

Liputan6.com, Tokyo - Selain menciptakan kendaraan roda dua, Yamaha dikenal sebagai perusahaan yang membuat berbagai produk lainnya. Dilansir laman global Yamaha, ternyata pabrikan asal Jepang yang satu ini membuat perahu, ATV, sepeda listrik, dan juga mobil.

Perlu diingat, mobil yang dibuat oleh Yamaha masih berada dalam tahap konsep dan akan dipamerkan pada ajang Tokyo Motor Show mendatang. Yamaha belum memberikan detail apa pun terkait mobil konsep yang akan dibawanya nanti. Yang pasti, mobil tersebut akan mengikuti jejak Sports Ride Concept yang diperkenalkan dua tahun silam.

Dikutip dari Carscoops, mobil konsep Yamaha akan dibuat melalui proses pabrikasi iStream dan juga dikatakan akan memiliki gaya sportscar dua pintu. Yamaha tidak menampik akan meluncurkan sportscar di masa mendatang, dan mobil konsep yang dipamerkan pada Tokyo Motor Show akan bisa menjadi gambaran mobil produksi di masa depan.

Menurut Yamaha, proses pabrikasi iStream dapat digunakan untuk membuat model berbobot ringan, dengan tingkat kekakuan tinggi, dan menciptakan berbagai segmen mulai dari citycar hingga SUV. Proses tersebut melibatkan panel composite yang diubah menjadi rangka tubular.

Belum ada keterangan resmi apakah nanti Yamaha akan benar-benar serius menggarap pasar roda empat atau tidak. Namun, keseriusan Yamaha untuk menciptakan mobil konsep tentu tidak bisa diremehkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Robot Canggih Yamaha Kalahkan Valentino Rossi?

Selain menampilkan motor-motor bergaya retro modern, pabrikan otomotif, khususnya roda dua memiliki kejutan baru dengan menampilkan motor berdesain futuristik dengan segudang fitur canggih.

Dilansir Visordown, teknologi kecerdasan buatan saat ini menjadi topik terpanas. Baik itu dalam berupa gadget maupun kendaraan nirawak. Kali ini Yamaha menyematkan teknologi kecerdasan buatan pada sebuah motor, yaitu Yamaha MOTOROiD.

Yamaha belum memberikan banyak detail terkait dengan kemampuan yang dimilikinya. Yang pasti, motor bertenaga baterai ini mengadopsi sistem kecerdasan buatan. Kemampuan dasarnya adalah mengenali sang pemilik, dan berinteraksi layaknya sebuah makhluk hidup.

Berbicara mengenai kecerdasan buatan, 2 tahun lalu Yamaha memperkenalkan MOTOBOT concept, sebuah robot yang sanggup mengendarai sebuah motor 'standar'. Motobot versi terbaru juga akan diperbarui dan diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show mendatang bersamaan dengan MOTOROiD.

Bahkan, MOTOBOT akan menantang pembalap MotoGP legendaris, Valentino Rossi untuk adu kemampuan tercepat di sirkuit. Para penggemar otomotif dapat memilih jagoan yang akan memenangkan kompetisi ini di laman resmi Yamaha global. Saat ini sudah 4.000 orang lebih memilih Valentino Rossi. Namun yang mendukung MOTOBOT juga melebihi 1.000 orang. Inikah pertanda awal kecerdasan buatan akan mengalahkan manusia di lintasan balap?

Artikel Selanjutnya
Pasti Iri, Raisa dan Hamish di Atas Motor Gede
Artikel Selanjutnya
Bagaimana Kalau BMW Buat Motor Cruiser Lagi?