Sukses

Sudah Final, Honda Luncurkan Pesaing Yamaha NMax Tahun Depan?

Liputan6.com, Jakarta - Pasar skuter matik (skutik) premium yang dihuni oleh Yamaha NMax, memang terus berkembang di Indonesia. Tidak bisa dimungkiri, skutik bermesin 155 cc ini semakin menjadi senjata andalan pabrikan berlambang garpu tala tersebut.

Tidak heran, dengan kesuksesan Yamaha NMax di pasar Tanah Air, banyak pabrikan tertarik untuk bermain di segmen ini, salah satunya PT Astra Honda Motor (AHM). Meskipun pabrikan berlambang sayap mengepak ini memiliki skutik premium, Honda PCX, motor gambot tersebut tidak cukup kuat untuk mengimbangi penjualan Yamaha NMax.

Menurut Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT AHM, pihaknya saat ini terus melakukan studi terkait model premiumnya tersebut. Namun, untuk kapan waktu peluncurannya memang belum diberikan secara detail oleh pabrikan asal Jepang tersebut.

"Meluncur tahun depan? Tunggu saja. Mudah-mudahan, karena kita sudah finalisasi, kita fokus tahun ini untuk tadi yang awal (Honda CRF150)," ujar Thomas saat berbincang dengan wartawan, di Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Lanjut Thomas, keputusan Honda untuk ikut bermain di segmen skutik gambot, karena pihaknya melihat segmen premium ini semakin berkembang, dan ternyata skutik Honda yang 150 cc, yaitu Honda Vario, juga tidak terganggu penjualannya.

"Dengan adanya model tersebut, juga bisa melebarkan pasar. Jadi, jika sudah study final, layak untuk ditunggu," tegasnya.

Sementara itu, kehadiran skutik gambot Honda juga semata-mata tidak untuk menjadi pesaing berat Yamaha Nmax, tapi untuk memberikan pilihan lain bagi konsumen di Tanah Air.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Suzuki 180 Cc

Nah, salah satu pabrikan yang juga siap mengadang laju Yamaha NMax ini adalah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), yang siap membawa satu skutik Maxi untuk pasar Indonesia.

"Rencananya tahun depan kita mau masukin motor matik model baru, skutik 180 cc. Tapi ini baru rencana dan mudah-mudahan jadi," ujar salah satu sumber internal SIS yang enggan disebutkan namanya.

Lanjut sang sumber, alasan Suzuki menghadirkan skutik 180 cc ini karena jika berbicara premium dan bakal meluncur tahun depan, apakah mesin 150 cc masih dibilang premium, dan ketika hadir dengan kapasitas mesin yang besar seperti 200 cc, apakah harganya bisa masuk.

"Jadi seperti yang tadi dibilang, bisa saja opsinya di tengah-tengah (antara 150 cc dan 200 cc)," tambahnya.

Meskipun sudah berbicara secara gamblang terkait mesin, sumber tersebut masih enggan berbicara soal spesifikasi detail, fitur, nama, atau harga.

"Pokoknya motor ini nanti dikembangkan dari awal, jadi benar-benar baru. Untuk memperluas pasar juga," tegas sang sumber.

Menarik untuk ditunggu, karena dengan status premium dan mesin 180 cc, apakah harga matik premium Suzuki ini bisa bersaing ketat dengan Yamaha NMax?

Artikel Selanjutnya
Duo Pembalap MotoGP Jajal Kasta Terendah Suzuki GSX-R
Artikel Selanjutnya
Top 3: Jebolnya Motor Marc Marquez dan Motor Trail 150 Cc