Sukses

Ini Cara Land Rover Atasi Pembajakan

Liputan6.com, Jakarta Land Rover mengungkapkan kekhawatirannya untuk menciptakan kembali mobil konsep, salah satu kekhawatirannya adalah desain mobilnya yang akan ditiru mentah-mentah oleh perusahaan asal Tiongkok. Salah satu kejadian yang pernah menimpa Land Rover adalah pembajakan model Range Rover Evoque oleh Landwind dengan model X7.

McGovern, penanggung jawab desain Land Rover, mengungkapkan pengalaman tersebut membuat Land Rover berpikir kembali untuk memamerkan rancangan-rancangan model mendatang melalui teaser mobil konsep. "Kami ragu untuk memperlihatkan desain mobil konsep beberapa tahun sebelum diproduksi, karena bisa ditiru begitu saja," ungkap McGovern kepada Autocar.

Dia menambahkan, perlunya perlindungan terhadap investasi besar-besaran yang sudah dilakukan untuk pengembangan mobil baru. Nilai investasinya berkisar antara 500 juta pound sterling (setara Rp 8,9 triliun) hingga 1 miliar pound sterling (setara Rp 17,8 triliun).

Land Rover tidak terlalu banyak memamerkan mobil konsepnya belakangan ini. Pada 2014 silam, Land Rover menggunakan Discovery Vision untuk menggambarkan keluarga baru dari Discovery, termasuk Discovery generasi kelima.

Tentu saja pembajakan mentah-mentah sebuah desain mobil akan berpengaruh terhadap pencinta otomotif. Karena jika pabrikan mulai menutup-nutupi desain dari mobil terbarunya, pencinta otomotif tidak bisa menikmati rancangan-rancangan terbaru dari pabrikan ternama pada masa mendatang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Mobil Idaman Koki Sejati

Memiliki sebuah mobil yang dilengkapi dengan segudang peralatan masak merupakan impian bagi setiap koki sejati. Terlebih lagi jika mobil tersebut adalah Land Rover Discovery yang disemati berbagai alat memasak pada setiap sudutnya.

Dilansir Carscoops, mobil modifikasi khusus ini merupakan kolaborasi Land Rover dan koki ternama Jamie Oliver. Mobil ini dikerjakan oleh divisi khusus Jaguar Land Rover Special Vehicle Operations (JLR SVO). Lantas apa saja perbedaannya?

Setiap detail kecil dimaksimalkan oleh JLR SVO, bagian emblem di gril disematkan unit power take off yang bisa digunakan untuk memutar pembuat pasta atau pemanggang kambing guling. Tiga pelek dilengkapi pembuat mentega, sedangkan pelek keempat disematkan pembuat es krim.

Kehadiran konsol tengah digantikan oleh pemanggang roti. Di balik sistem pengendali suhu terdapat penyimpanan selai. Bahkan, di bagian belakang dilengkapi taman rempah-rempah, rak bumbu, dan kitchen set yang bisa ditarik keluar. Kitchen set tersebut meliputi kompor, wastafel, meja makan, dan TV sebesar 40 inci.

"Saya memberikan Land Rover sebuah tantangan besar untuk menciptakan dapur terhebat pada mobil. Saya bermimpi besar dan meminta banyak, dan yang mereka lakukan sangat luar biasa. Hasilnya adalah sebuah Discovery yang luar biasa, sempurna untuk saya dan keluarga, kami mencintainya. Kreasi unik ini akan membawa pengalaman kuliner kami ke tingkatan selanjutnya," ungkap Jamie Oliver, dikutip dari Carscoops.

Artikel Selanjutnya
Sayer, Setir Mobil Otonomos Masa Depan
Artikel Selanjutnya
Mobil Pilihan Budi Waseso, Seperti Apa?