Sukses

Banyak Pemalsuan, Begini Cara Identifikasi Oli Shell

Identifikasi produk menjadi langkah penting untuk memastikan keaslian produk oli.

Liputan6.com, Bekasi - Maraknya produk oli yang dipalsukan ternyata dirasakan perusahaan pelumas PT Shell Indonesia. Hal ini membuat Shell Indonesia, khususnya Shell Lubricants, menerapkan teknologi Jam Jar. 

Menurut Direktur Pelumas PT Shell Indonesia, teknologi Jam Jar merupakan terobosan baru untuk menjaga keaslian produk Shell yang beredar di pasaran.

"Kami berkomitmen untuk menyediakan produk terbaik bagi pelanggan kami dan kami akan terus membawa inovasi untuk memastikan pelanggan mendapatkan produk terbaik dan tetap menjaga keaslian produk yang beredar di masyarakat," ungkap Dian saat ditemui di pabrik Shell Indonesia di Merunda, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (18/10/2017).

Teknologi Jam Jar memiliki kode QR pada lapisan kedua yang dapat dipindai dan terhubung ke server Shell Anti-Counterfeit System (sistem Shell untuk anti-pemalsuan).

Letak kode ini terdapat di bagian tutup kemasan yang juga memiliki hologram anti rusak.

Untuk mengecek keaslian pelumas Shell, hal yang dilakukan dengan cara dipindai. Namun, konsumen juga dapat mengunjungi ac.shell.com dan memasukkan 16 angka yang tertera di lapisan kedua pada segel pengaman untuk melakukan verifikasi produk.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menggunakan Telepon Genggam

Konsumen juga bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan telepon genggam, yaitu dengan cara mengirim SMS 16 angka yang tertera pada lapisan kedua ke nomor 085574670055 secara gratis.

Namun, pengguna smartphone bisa lebih canggih karena cara yang dilakukan adalah membuka lapisan pertama terlebih dahulu, kemudian pindai kode QR 2D dengan smartphone (menggunakan aplikasi scanner/ pemindai). 

Setelah itu, klik http://ac.shell.com, kemudian aplikasi tersebut akan terhubung dengan website sistem Anti-Counterfeit (Anti-Pemalsuan), lalu langkah selanjutnya pilih bahasa Indonesia, kemudian muncul kalimat 'geser untuk mengkonfirmasi saya', lalu tekan kata 'lanjutkan' dan terakhir kode telah terverifikasi.

Saat ini teknologi Jam Jar telah diterapkan di sekitar 80 persen produk pelumas Shell Helix Ultra, Shell Helix HX8, Shell Helix HX7, dan Shell Helix HX5 di kemasan 4L dan 1L.

"Dengan teknologi ini, Shell berharap hanya produk pelumas terbaik dan asli yang beredar di pasaran. Kami berharap penggunaan pelumas asli Shell dapat membantu konsumen dalam merawat kendaraan bermotornya," tutur Dian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.