Sukses

Usai Jajal Gesits, Jonan Segera Melapor ke Jokowi

Ignasius Jonan akan melaporkan kepada Joko Widodo, perihal motor listrik buatan anak negeri yang siap dikomersialkan.

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran motor listrik Gesits di Tanah Air, dalam waktu dekat segera terealisasi. Rencananya, motor ramah lingkungan hasil pengembangan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, yang didukung Garansindo Group ini bakal resmi mengaspal di Indonesia tahun depan.

Bahkan, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, sudah menguji coba Gesits, di Halaman Gedung Heritage Kementerian ESDM, Jakarta. Selepas menguji Gesits, Jonan langsung memberikan komentar bagus untuk motor karya anak bangsa ini.

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perhubungan ini mengatakan, ia bakal melaporkan perkembangan Gesits ini kepada Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo.

"Saya akan lapor bapak Presiden (Joko Widodo), karena tiga bulan lalu, beliau juga menugaskan kementerian ESDM untuk mengkoordinasi peraturan tentang kendaraan listrik," jelas Jonan kepada wartawan, Kamis (19/10/2017).

Lanjut Jonan, ia juga bakal melaporkan kepada Joko Widodo, jika sudah ada satu merek motor listrik buatan anak negeri, yang memang sudah siap dikomersialkan.

"Nanti saya juga akan memberitahu kepada Menteri Keuangan, bahwa perlakukan terhadap sepeda motor listrik itu sama dengan sepeda motor biasa (konvensional). Jadi, kalau komponennya bebas bea masuk, ya bebas bea masuk karena ini dibuat di sini," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan pemerintah

Lanjut Jonan, pemerintah dalam hal ini presiden memang tengah mendukung bertumbuhnya kendaraan listrik di Tanah Air. Pasalnya, hal ini berhubungan dengan lingkungan, yaitu polusi dan kemandirian energi nasional.

"Kalau misalkan motor atau mobil listrik, sumbernya dari apa, batubara sebagai energi primer, gas, matahari, air, panas bumi yang memang bisa diperoleh secara lokal," tegasnya.

Sementara itu, jika motor listrik ini harganya bisa bersaing, maka keberadaan motor atau kendaraan listrik ini bakal terus tumbuh, karena berhubungan dengan perawatan kendaraan yang rendah sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.