Sukses

Ini Bagian AC yang Kerap Jadi Biang Kerok Masalah

Liputan6.com, Jakarta - Penyejuk udara atau Air Conditioner (AC) menjadi hal umum pada kendaraan. Namun demikian, AC juga seperti kendaraan yang perlu dilakukan servis secara rutin.

Seperti dilansir situs bengkel AC Rotary Bintaro, jika tak rutin diservis, setidaknya bagian AC mobil yang kerap mengalami masalah terdapat pada bagian evaporator dan kompresor.

“Jika Anda sering melakukan servis untuk AC, maka usia kompresor Anda akan panjang dan kemungkinan untuk mengganti kompresor menjadi kecil, karena Anda selalu melakukan servis Ac secara berkala,” tulis AC Rotary Bintaro.

Pada bagian kompresor AC mobil juga terdapat piston. Piston pun sama seperti mesin mobil membutuhkan pelicin atau pelumas. Jadi, jika AC jarang melakukan cek atau servis, maka pelumasnya akan habis atau aus.

Selanjutnya, jika terjadi kebocoran, maka berimbas pada rusaknya kompresor AC mobil Anda. Alhasil, AC mobil tidak dapat lagi digunakan karena telah rusak.

Bagian kompresor ini juga bisa dideteksi dari suara. Rusaknya kompresor AC mobil biasanya bunyi kasar seperti suara orang tidur yang mendengkur.

Sedangkan jika evaporator mengalami kerusakan, hal itu lantaran AC mobil terus menerus dipakai, sehingga evaporator akan mudah kotor.

Jika evaporator kotor, biasanya kotoran yang ada memiliki lendir atau gel. Selain itu evaporator juga bisa rusak karena usia. Ini merupakan yang paling wajib diperhatikan.

1 dari 2 halaman

Lakukan Servis

Sama seperti mobil, AC juga harus dilakukan maintenance sercara rutin. Adapun service AC mobil terdiri dari dua jenis yaitu basic service, dan Advance service.

Basic service ini dilakukan jika mobil telah menempuh jarak sekitar 10.000 sampai 20.000 km. Pada tipe servis ini, biasanya bengkel AC mobil akan melakukan pemeriksaan pada kompresor AC seperti membersihkan kotoran yang menempel, mengganti oli dan filter kabin mobil Anda.

Sementara untuk Advance service, biasanya dilakukan sekitar dua tahun sekali. Hal ini berbeda dengan jenis Basic service, di mana banyak komponen AC mobil yang harus diperbaiki diantaranya yaitu perawatan evaporator, kompresor, kondensor, receiver dryer, dan filter kabin

Banyaknya komponen yang harus diservis dan diperbaiki, maka waktu untuk melakukan servis menjadi lebih lama kisaran empat hingga lima jam.

Artikel Selanjutnya
KOLOM: Pelajaran dari Sundulan Thanabalan
Artikel Selanjutnya
Mereka yang Gagal Mesin di MotoGP