Sukses

Langkah Jitu Menghindari Mobkas Eks Kebanjiran

Liputan6.com, Jakarta Banjir kerap menghantui masyarakat di ibu kota. Selain kemacetan yang terjadi di berbagai ruas jalan, salah satu kekhawatiran adalah saat mobil terendam oleh banjir.

Banjir yang merendam mobil berpotensi untuk merusak berbagai komponen yang berada di dalam mobil. Mulai dari sistem elektronik, pelumas, hingga sistem mekanikal. Berawal dari karat di beberapa titik, dibutuhkan waktu tambahan hingga korosi merusak komponen penting pada mobil.

Yang perlu diwaspadai, mobil-mobil yang bekas kebanjiran ini bisa saja dijual di pasar mobkas. Dan Anda harus mewaspadai saat membeli mobkas, agar Anda tidak mendapatkan mobil yang pernah terendam banjir dalam jangka waktu yang lama.

Lantas bagaimana cara membedakannya? Inilah tips untuk memeriksa mobil eks kebanjiran, dilansir consumerreports.

Cek Karpet

Bagian karpet biasanya akan menimbulkan bau apek dan tidak sedap jika pernah terendam air banjir.

Periksa Sambungan Baut pada Kursi

Biasanya, untuk membersihkan karpet seutuhnya, kursi harus dilepas terlebih dahulu. Bisa juga kursi dilepas untuk mengganti karpet yang baru, untuk menghilangkan sisa kebanjiran.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

Lihat Bagian Lampu

Headlight dan taillight termasuk suku cadang yang mahal untuk diganti. Jika ada garis mendatar di bagian reflektor, bisa saja itu hasil dari terendam air dalam jangka waktu yang lama.

Periksa Bagian yang Sulit Dibersihkan

Sela-sela yang sulit dibersihkan seperti celah-celah kecil di dalam bagasi atau di balik kap mesin. Jika Anda menemukan tumpukan lumpur yang tidak wajar, Anda perlu curiga.

Cek Sisa Garis Banjir di Dalam Ruang Mesin

Mobil yang terendam lama oleh air bisa memperlihatkan garis air pada ruang mesin. Periksa juga bagian-bagian yang tidak mudah dibersihkan, misalkan peredam antara ruang mesin dan kabin.

Cek Baut di Bawah Dashboard

Baut yang tidak dicat biasanya akan mudah berkarat. Periksa baut yang berada di daerah bawah dashboard. Jika baut tersebut terlihat berkarat, menunjukkan potensi mobil pernah terendam banjir.

Artikel Selanjutnya
Bidik Pengendara Ngebut, Surabaya Siap Terapkan Tilang Online
Artikel Selanjutnya
Polri Siap Amankan Mudik Iduladha