Sukses

Meski Buta, Pria Ini Bisa Mendeteksi dan Perbaiki Kerusakan Motor

Liputan6.com, Sichuan - Seorang pria tua asal Yibin, Sichuan, Cina, memiliki keahilan tak terduga. Bagaimana tidak , meski tak dapat membaca, menulis dan melihat seperti orang pada umunya, namun dia mampu memperbaiki sepeda motor.

Bahkan pria yang diketahui bernama Zhu Shuyou itu telah memperbaiki sepeda motor di desanya selama lebih dari 30 tahun.

Zhu diketahui hanya mengambil keuntungan 10 persen dari harga yang telah ditetapkan.

Uniknya, seperti dilansir Shanghaiist, Sabtu (21/10/2017), untuk mengetahui apakah sepeda motor sang klien bermasalah, Zhu hanya menyentuh dan mendengarkan suara mesin.

Bahkan seorang wartawan Chengdu Businnes Daily mengatakan, saat melakukan peliputan seorang warga bermarga Zeng, terlihat membawa sepeda motor untuk diperbaiki.

Menariknya, saat Zhu menyalakan sepeda motor tersebut, dia hanya mengatakan bahwa bagian baterai bermasalah. Setelah beberapa menit diperbaiki baterai, maka sepeda motor tersebut langsung kembali menyala dengan lancar.

“Saya tidak akan bisa mengatakan bahwa dia adalah buta, dia melihat dan memperbaiki motor saya,” ungkap Zeng.

Tak hanya itu, ada juga warga yang datang usai membeli sepeda motor bekas seharga 15 ribu Yuan. Mereka pun meminta Zhu untuk mengeceknya.

Seperti biasa Zhu hanya memegang sepeda motor dan mendengarkan raungan mesin. Setelah beberapa saat kemudian, Zhu menyatakan bahwa sepeda motor tersebut dalam kondisi baik. Hanya saja, bagian pendingin mesin sedikit bermasalah, sehingga harus tetap dilakukan perbaikan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buta Sejak Kecil

Menjadi tuna netra memang tak pernah diinginkan setiap manusia. Namun hal itu harus diterima Zhu.

Menurut sang ibu, yang berusa 84 tahun, Zhu mengalami kebutaan sejak berusia enam bulan. Kala itu Zhu didiagnosa mengalami meningitis, radang selaput otak, dan selaput tulang belakang. Seketika itu pula dia tak bisa melihat kembali.

Sejak kecil Zhu memang menjadi pendiam. Bahkan dia tak pernah belajar di sekolah, baik membaca atau menulis.

Keahlian Zhu yang pandai akan ilmu teknik sepeda motor dimulai saat dia mendapatkan sepeda yang patah. Dia pun berhasil menyatukan kembali sepotong demi sepotong. Selanjutnya, dia mampu memperbaiki sepeda motornya.

Atas kehebatannya, Zhu diketahui telah membeli sebuah rumah di desanya yang didiami bersama ibunya. Bahkan, dia juga telah membeli sebuah apartmen di kota.

“Saya tidak merasa bahwa saya lebih rendah dari orang lain. Saya mengajari diri saya segalanya dan saya mencari nafkah yang samam baiknya seperti orang lain," ucap Zhu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.