Sukses

Cara Honda Kurangi Angka Kematian Akibat Kecelakaan Motor

Liputan6.com, Suzuka - Honda Motor Co Ltd sangat memperhatikan faktor keselamatan dalam berkendara. Oleh sebab itu, gerakan keselamatan berkendara atau safety riding terus didengungkan di seluruh negara yang menjadi pasar Honda.

General Manager of Driving Safety Promotion Center Honda Motor Co Ltd, Yoichi Harada, menjelaskan, berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), angka kematian akibat kecelakaan di dunia pada 2013 mencapai 2,4 juta orang. Diperkirakan, angka tersebut akan meningkat hingga tiga kali lipat menjadi 3,6 juta pada 2030.

Berdasarkan data tersebut, Honda terus berusaha untuk menguranginya sehingga korban meninggal karena kecelakaan bisa menurun.

"Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menciptakan produk atau kendaraan yang lebih aman," kata dia saat ditemui di Sirkuit Suzuka, Jepang, baru-baru ini. Bentuk teknologi yang telah diimplementasikan adalah dengan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS).

Namun memang, teknologi atau produk yang diciptakan tidak serta merta bisa mengurangi angka kematian akibat kecelakaan tersebut. Oleh sebab itu, Honda juga menjalankan cara lain dengan mengampanyekan safety riding.

Menurutnya, mengampanyekan keselamatan berkendara adalah jawaban terbaik dari persoalan itu saat ini. Pihaknya mendorong perusahaan Honda di berbagai negara untuk bergerak secara cepat dan tepat. Sebagai langkah mendorong safety riding, Honda Motor juga menggelar Safety Japang Instructors Competition sejak 1996.

Di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) telah memiliki program kampanye keselamatan berkendara dengan tagline #CariAman. Harada mengapresiasi apa yang dilakukan AHM.

Harada menyatakan kampanye itu sesuai dengan tujuan Honda Motor. "Jalin kerja sama dengan kepolisian, dengan sekolah," kata Harada.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

1 dari 2 halaman

#CariAman

Melalui kerja sama dengan berbagai instansi, kampanye akan lebih efektif. Harada menunjukkan keprihatinan mendalam atas berbagai kecelakaan di jalanan karena ketidaktahuan tentang ilmu keselamatan berkendara.

Deputy Head of Corporate Communication PT Astra Honda Motor, Ahmad Muhibbuddin menjelaskan, Astra Honda Motor selain terus berkampanye keselamatan berkendara, Astra Honda Motor juga ikut dalam Safety Japang Instructors Competition.

Tahun ini merupakan kali ke-10 duta safety riding Indonesia berpartisipasi di ajang kompetisi yang akan dihelat pada 19-20 Oktober 2017 di Suzuka Circuit Traffic Education Center, Jepang.

Di sela kompetisi itu, hastag #CariAman menarik perhatian. Muncul di antara kalimat-kalimat beraksara Jepang di sekitar Sirkuit Suzuka, lokasi penyelenggaraan keterampilan berkendara tingkat international itu.

Artikel Selanjutnya
Penyebab Tabrakan Beruntun yang Tewaskan 5 Pengendara di Kudus
Artikel Selanjutnya
Ini Identitas Korban Kecelakaan Maut di Tol Cipali