Sukses

Mau Restorasi Motor Klasik Jepang, Berapa Biayanya?

Liputan6.com, Jakarta - Bermain motor klasik, bagi sebagian orang memang hal yang cukup menyenangkan. Terlebih, motor klasik memang jadi model yang tidak lengkang oleh waktu, bahkan harga jual kembalinya bisa lebih mahal saat dibeli pertama kali.

Tidak heran, banyak pecinta otomotif yang mulai kembali bermain mobil atau motor klasik, dan merestorasi motor jaman dahulu (jadul) dengan biaya yang tidak murah. Lalu sebenarnya, berapa biaya merestorasi motor klasik, khususnya motor Jepang dengan empat atau dua silinder?

Dijelaskan Sebastian Matengker, punggawa Garage42, bengkel spesialis restorasi motor Jepang empat atau dua silinder, untuk biaya restorasi motor klasik di tempatnya memang tidak pasti, karena tergantung dengan kesulitan dan apa yang mau direstorasi.

"kalau bicara harga atau budget, sulit dijelaskan, karena restorasi itu sesuatu yang unik, sesuatu yang value (bernilai), jadi susah dinilai dengan harga. Tapi, semua tergantung kesulitan dan apa yang direstorasi, cat saja atau semua," jelas pria yang bengkelnya di Perumahan Setu Indah, Cilangkap, Jakarta Timur, saat berbincang dengan Liputan6.com, di area Jakarta Custom Culture (JCC) 2017 akhir pekan lalu.

Lanjutnya, jika berbicara range harga untuk ongkos restorasi, sekitar Rp 25 jutaan. "Contohnya yang Honda CB750 SOHC, jasanya saja Rp 25 juta, di luar aksesoris, rakit, atau bongkar," tambahnya.

Berbicara kesulitan dalam restorasi, memang tidak jauh dari aksesoris yang didapat, karena motor klasik sudah jarang sekali yang menjual aksesoris atau komponen aslinya di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
TAU, Perusahaan Jepang Spesialis Mobil Rusak
Artikel Selanjutnya
Bagaimana Kalau BMW Buat Motor Cruiser Lagi?