Sukses

Honda Kembangkan Teknologi Airbag untuk Motor Kecil

Liputan6.com, Saitama - Masalah keselamatan menjadi salah satu faktor utama yang menjadi dasar bagi Honda Motors dalam mengembangkan produk. Saat ini, untuk meningkatkan keselamatan pengendara motor, Honda Motors tengah mengembangkan teknologi airbag khusus bagi motor kecil.

Chief Engineer Departement 3 Technology Development Division Honda R&D Co Ltd Motorcycle R&D Center Hirokatsu Nakaie menjelaskan, Honda telah mengembangan teknologi airbag untuk motor besar. Saat ini, teknologi tersebut telah disematkan kepada Honda jenis Gold Wing.

Saat ini, untuk meningkatkan faktor keselamatan kepada pengendara, Honda ingin menyematkan teknologi airbag tersebut ke motor kecil. Namun, untuk menyematkan teknologi tersebut terdapat tantangan.

Jika di jenis Gold Wing telah ada tempat menyimpan dan juga penampang untuk menahan tubrukan, yaitu windshield. "Sedangkan untuk motor kecil ada tantangan sendiri karena bentuknya berbeda," jelas dia di Kantor Honda R&D Ltd. Motorcycle R&D Center, Asaka, Saitama, Jepang, Selasa (24/10/2017).

Selain itu, kebiasaan mengendara motor di berbagai negara juga lain. Tantangan tersendiri di Indonesia adalah bagian depan motor sering digunakan untuk membonceng anak kecil. Hal tersebut tentu saja akan menghalangi airbag bekerja secara maksimal.

 

1 dari 2 halaman

Angka Kecelakaan

Saat ini, Honda R&D Ltd terus mencoba agar teknologi airbag untuk motor kecil tersebut bisa segera direalisasikan untuk mengurangi angka kecelakaan.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), angka kematian akibat kecelakaan di dunia pada 2013 mencapai 2,4 juta orang. Diperkirakan, angka tersebut akan meningkat hingga tiga kali lipat menjadi 3,6 juta pada 2030.

Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Kymco Saingi Honda Bikin Skutik Adventure Tourer