Sukses

Daihatsu Lempar Kode Bakal Main Sedan Lagi

Daihatsu menampilkan pertama kalinya DN Compagno Concept di samping mobil legendarisnya Compagno di Tokyo Motor Show 45th.

Liputan6.com, Tokyo - Perusahaan otomotif asal Jepang, Daihatsu, secara perlahan ingin kembali terjun menjajakan segmen sedan. Hal ini terlihat dengan kembalinya Daihatsu Motor Company menampilkan mobil purwarupa di ajang Tokyo Motor Show 2017 yang disebut Daihatsu DN Compagno Concept.

Sebelumnya, di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Agustus lalu, Daihatsu juga menampilkan sosok sedan yang disebut DN F-Sedan Concept.

Menurut Presiden Daihatsu Motor Company, Ltd Koichiro Okudaira, Daihatsu DN Compagno Concept mewarisi wujud dari mobil legendaris Daihatsu yang hadir sejak 1963 dengan nama sama, yaitu Compagno.

“DN Compagno merupakan model yang diperuntukkan bagi pelanggan senior yang aktif, yang suka menikmati gaya hidup individu, serta untuk memberikan dukungan penuh warna pada masa pensiun,” ungkap Koichiro di booth Daihatsu di ajang TMS ke-45, Tokyo, Jepang, Rabu (24/10).

Pantauan Liputan6.com, mobil konsep ini cukup mentereng, dengan balutan warna oranye kemerah-merahan sehingga terlihat sangat mencolok.

Desain mobil ini pun dibuat sporty. Hal itu terlihat dengan desain coupe empat pintu.

Bagian wajah depan mobil ini memang mirip dengan Compagno di era dahulu, salah satunya terdapat pada bagian grille yang lebar.

Hanya saja, ada beberapa yang telah mengalami rombakan drastis, seperti kisi-kisi bagian depan lebih rapat.

Kesan modern juga terlihat dari desain bodi yang tak lagi menggelembung, melainkan lebih persegi tapi tak kaku. Selain itu, desain lampu tak lagi bulat, tapi lebih pipih ditambah dengan penggunaan daytime running light (DRL).

Dilihat dari samping, bagian depan hingga buritan DN Compagno tak lagi menggunakan list krom. Adapun pada bagian kaki-kakinya tidak lagi menerapkan pelek kaleng, tetapi alloy dengan palang enam, sehingga terlihat lebih keren.

Warna silver di bagian tepi atap mobil ini juga menambah kesan aerodinamis, dan terkesan ciamik dengan kaca belakang lebar.

Kabarnya, jika mobil ini benar diproduksi, DN Comgano akan mengusung mesin 1.000cc turbo dengan pilihan mesin 1.200cc hybrid.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Konsep DN F-Sedan Awal Kebangkitan Sedan Daihatsu

Pasar sedan di Tanah Air memang tidak sebesar SUV atau MPV. Namun, hal tersebut tidak membuat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melupakan segmen tersebut. Hal ini dibuktikan dengan kemunculan konsep sedan pabrikan asal Jepang tersebut di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Konsep yang pertama kali dipamerkan di dunia ini bernama DN F-Sedan. Mobil ini memiliki konsep sebuah sedan, dengan desain hatchback yang kompak berkapasitas lima penumpang, dengan tema Futuristic and Luxury Design.

Konsep mobil ini hadir dengan sederet keunggulan, yaitu tampilan luar dengan desain yang futuristis dan aerodinamis yang dibalut dengan warna merah metalik dengan ornamen hitam yang terlihat sporty. 

Desain lampu depan dan belakang sipit yang dipadu dengan daytime running light (DRL) unik, membuat mobil ini semakin terlihat agresif. Pada sisi pintu, kendaraan konsep ini dibekali dengan pintu poros belakang, atau lebih dikenal dengan suicide door type, untuk memberi ruang masuk ke dalam mobil yang lebih maksimal.

Selain itu, pada mobil ini juga disematkan pelek 18 inci, menjadikan mobil sedan berkonsep hatchback ini menjadi lebih gagah.

Pada sisi interior, mobil ini memiliki two-tone color dengan perpaduan warna hitam dan merah yang semakin memberikan nuansa sporty.

Pada sisi ruang kemudi, desain dashboard yang diusung bertema modern, dengan fitur menggunakan perangkat digital, serta layar lebar yang informatif. Tak hanya itu, jok mobil ini juga tampil sporty tapi tetap nyaman, serta panoramic roof di atap kabin, semakin menjadikan pengendara mobil ini lebih nyaman sembari menikmati pemandangan alam di luar. 

"Kami berharap mobil konsep ini dapat menjadi inspirasi industri otomotif Tanah Air, dan dapat menunjukkan kemampuan Research and Development Daihatsu," terang Pradipto Sugondo, Executive Officer Research and Development PT ADM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.