Sukses

Toyota Century, Mobil Aristokrat Berdarah Samurai

Liputan6.com, Tokyo - Mobil bergaya aristokrat biasanya lahir di tanah Ratu Elizabeth. Tapi ternyata dari Negeri Samurai juga ada mobil andalan, Toyota Century.

Ya, pada Tokyo Motor Show 2017 yang sedang berlangsung (25 Oktober hingga 5 November 2017), Toyota mengeluarkan mobil kaum ningrat. Bahkan sekilas, desainnya terlihat mirip dengan gaya yang biasa ditampilkan Rolls-Royce.

Toyota Century generasi ke-3 rencananya baru mulai dijual pada pertengahan 2018. Lantas apa yang istimewa dari mobil ini?

Seperti mobil mewah lainnya, beberapa bagian Century merupakan hasil kerajinan tangan-tangan terampil yang punya cita rasa tinggi. Tiap detail terjaga, bahkan perakitan sejumlah komponen dilakukan secara manual. Sehingga membutuhkan waktu produksi yang lebih lama.

Mobil kaum ningrat ini memang tidak diproduksi dalam jumlah besar. Target produksinya 3 mobil per hari. "Hanya 600 unit per tahun," ujar Masato Tanabe, Project General Manager MSZ, Mid-size Vehicle Company Toyota Motor Corporation di Tokyo, Jepang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

Spesifikasi

Dibanding generasi kedua, menurut pernyataan Masato, jarak sumbu roda diperpanjang. Tujuannya untuk menambah ruang penumpang jadi lebih lega selayaknya limosin. Ruang makin lapang berkat atap yang juga dibuat lebih tinggi.

Bahan jok terbuat dari wol kualitas nomor satu yang terasa lembut dan fleksibel. "Tujuan kami menciptakan simbol baru Jepang dari sebuah mobil mewah yang bagus," kata Masato. Tentu alat pemijat tersedia di jok belakang demi kenyamanan penggunanya. Panel LCD juga ada di armrest jok belakang untuk mengendalikan fitur kenyamanan kabin. Bayangkan saja kenyamanan kabin dengan kehadiran sistem audio premium yang keluar dari 20 speaker.

Kekedapan kabin juga sudah diperhitungkan dari luar bodi. Seperti setting khusus pada suspensi dengan tingkat kekakuan bodi yang tinggi. Ada juga pengendali suara yang bekerja secara aktif demi meredam suara masuk ke kabin.

Soal dapur pacu, Toyota Century sudah pakai teknologi hibrida. Mesin V8 berkapasitas 5 liter digabungkan dengan teknologi THS II demi mengejar konsumsi bbm yang rendah.

Fitur keselamatannya menggunakan Toyota Safety Sense P untuk menghindari tabrakan. Ada juga blind spot monitoring.

Artikel Selanjutnya
Mereka yang Bermimpi Ingin Menjadi Toyota Innova
Artikel Selanjutnya
Mobil Konsep Toyota Ini Ramah bagi Kaum Difabel