Sukses

Serunya Nongkrong di Kafe Bertema Daihatsu Copen

Liputan6.com, Kamakura - Di Indonesia, nama Daihatsu kerap dipandang sebelah mata. Mobil Daihatsu dianggap menjadi brand dengan mobil-mobil yang hanya membuntuti keluarga terdekatnya, Toyota.

Namun hal itu bisa terpatahkan kala Anda datang ke kampung halaman Daihatsu di Jepang. Pasalnya, meski memang bergelut di kelas mobil kompak, namun jumlah pengguna merek Daihatsu sangat tinggi.

Tak hanya itu, anggapan mobil murah bisa terpatahkan karena Daihatsu cukup aktif dan inovatif dalam menghadirkan mobil-mobil masa kini yang diinginkan konsumen di Jepang. Salah satunya dengan kehadiran Daihatsu Copen.

Daihatsu sendiri punya cara unik untuk mendekatkan diri dengan konsumen Copen. Yaitu dengan mendirikan kafe yang disebut Copen Local Base, di wilayah Kamakura, atau 65 kilometer dari Tokyo.

Dalam kesempatan kali ini, Liputan6.com berkesempatan untuk berkunjung ke kafe tersebut setelah 1,5 jam perjalanan ke arah selatan dari Tokyo.

Tepat di sebuah persimpangan, Copen Local Base berdiri dengan desain kafe dengan kesan cozy, ditambah desain kafe ciamik karena bangunan tidak dibuat tertutup tembok, melainkan kaca yang memanjang.

Di tempat ini, memang Daihatsu tak berjualan mobil seperti showroom. Sebaliknya, ini benar-benar sebuah kafe yang dibuat Daihatsu sebagai Brand Sosial Responsibility atau BSR.

Menurut Staff Manager, Toru Sato, Copen Local Base yang didirikan September 2014, hadir bersamaan dengan peluncuran Copen terbaru kala itu.

Kafe ini, lanjut dia, sangat disukai dan kerap menjadi tempat kongkow-kongkow para komunitas. Tak terkecuali di luar produk dan brand Daihatsu.

“Konsep toko ini adalah mencintai produk lokal, mengekspresikan toko dan mobil yang dicintai oleh komunitas lokal, lalu berkolaborasi dengan pelanggan dan masyarakat setempat,” kata Toru. 

Tentu saja meski tak berjualan produk mobil, namun dengan menggunakan nama Copen saja, maka orang akan semakin mengetahui produk Daihatsu Copen. belum lagi, di tengah-tengah kafe terdapat satu unit Copen.

Hanya saja, meski disebut mencitai produk lokal, hal itu berbanding terbalik menu makanan yang ditawarkan, karena kuliner yang ditawarkan berasal dari barat mulai dari french fries, burger, spaghetti dan masih banyak lainnya.

Daihatsu Copen sendiri merupakan mobil mungil berkapasitas mesin 660 cc yang memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.280 mm.

Mobil ini bisa dianggap salah satu produk eksklusif bagi Daihatsu. Sebab, Daihatsu Copen dibuat tak sedikit dan dirakit dengan handmade alias tanpa bantuan robot.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Calon Penerus Daihatsu Xenia Jadi Sorotan di Tokyo Motor Show

Mobil purwarupa Daihatsu DN Multisix hadir di acara Tokyo Motor Show (TMS) yang digelar di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang, 25 Oktober-5 November 2017.

Sebelumnya, mobil yang digadang-gadang sebagai pengganti Daihatsu Xenia ini hadir pertama kali di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2017 lalu.

Kini, DN Multisix kembali ditampilkan untuk pertama kalinya di Negeri Matahari Terbit dan langsung mendapatkan perhatian baik dari pewarta lokal, Jepang, maupun internasional.

Lantas pertanyaan mencuat, kapan Daihatsu DN Multisix akan diproduksi?

Menanggapi hal itu, Presiden Director Daihatsu Motor Company, Ltd Koichiro Okudaira mengatakan, hingga saat ini Daihatsu masih melakukan survei.

“Pada dasarnya ketika membuat mobil, Daihatsu selalu ingin sesuai dengan selera pasar, dan saat ini masih di survei,” ungkap Koichiru saat ditemui awak media dari Indonesia di ajang TMS ke-45 di booth Daihatsu di ajang TMS 2017, Tokyo, Jepang, Rabu (24/10).

Kata Koichiro, untuk membuat mobil perlu dilakukan beberapa tahap, sedangkan saat ini, pada DN Multisix masih harus dilakukan berbagai revisi sebelum diproduksi.

“Kalau memang sudah cocok kami akan jadikan itu sebagai mass production, dan sampai saat ini masih survei,” terangnya.

Saat ditanya berapa lama survei dilakukan, Koichiru menjawab, hingga saat ini masih terus dilakukan. Dengan status konsep, lanjut dia, maka mobil tersebut belum akan langsung masuk pasar.

Disebutkan bahwa Daihatsu DN Multisix ini merupakan mobil yang mampu menampung hingga enam orang penumpang dan memiliki fasilitas mirip sebuah MPV premium kompak tiga baris.

Tampilan Daihatsu DN Multisix konsep ini sangat modern, seperti desain jok yang ramping dengan balutan kulit warna putih, ditambah bagian dasbor menggunakan LED layar sentuh.

Jika benar mobil ini dibuat dan dipasarkan untuk kawasan Jepang, maka jantung pacu yang akan dibenamkan berupa mesin 1.200 cc hybrid dan 1.000 cc turbo.

Artikel Selanjutnya
Yuk, Cobain Makanan Vietnam di Hayam Wuruk Jakarta!
Artikel Selanjutnya
Di Jakarta, GFriend dan Astro Tamasya ke Ancol dan Kota Tua