Sukses

Berjuta Cerita dan Sejarah di Mitsubishi Auto Gallery

Liputan6.com, Okazaki - Mengunjungi Mitsubishi Auto Gallery Museum ibarat menggali jutaan informasi terkait sejarah dan perkembangan Mitsubishi sebagai salah satu perusahaan otomotif raksasa. Liputan6.com, bersama sejumlah media dari Indonesia beruntung mendapat kesempatan langka tersebut.

Atas undangan Mitsubishi Motor Corporation (MMC) kami berkesempatan merasakan pengalaman langka, menengok mobil-mobil bersejarah Mitsubishi di museum Mitsubishi yang asri di Nakashinkiri, Okazaki, Jepang.

Salah satu mobil tertua buatan Mitsubishi. (Septian/Liputan6.com)

Museum Mitsubishi sendiri didirikan pada 1989. Museum ini berdiri di atas lahan dengan luas tak kurang dari 1.100 meter persegi. Di sini, dipajang tak kurang dari 50 mobil dari berbagai jenis, dari tahun 1950-an hingga 1980-an.

Semuanya ditata dengan sangat baik, sehingga indah dipandang mata. Selain itu, disediakan juga papan keterangan dalam bahasa Jepang dan Inggris, terkait kendaraan yang dipamerkan.

Ini tentu memudahkan pengunjung untuk bisa langsung mendapat informasi terkait kendaraan yang dipajang.

Bisa dibilang, museum ini adalah galeri memorabilia serta rumah dari sejumlah produk-produk yang memiliki banyak nilai dan cerita dalam sejarah Mitsubishi sendiri.

Mitsusbishi Pajero yang digunakan di ajang Reli Paris Dakar. (Septian/Liputan6.com)

Di sini, kita bisa melihat berbagai model dan mesin mobil-mobil Mitsubishi dari era lampau, mobil-mobil balap Mitsubishi, hingga die-cast dari sejumlah kendaraan fenomenal yang pernah dihasilkan pabrikan berlambang tiga berlian itu.

Bagi Mitsubishi, dengan adanya museum ini juga sebagai tempat riset untuk pengembangan teknologi terhadap produk-produk mereka selanjutnya. Sebab, data-data yang didapat dari sejarah produk-produk sebelumnya, tentu akan sangat berguna.

Salah satu primadona di Museum Mitsubishi ini adalah mobil Mitsubishi Model A. Ini memang bukan mobil sembarangan. Bahkan, bisa dibilang inilah mobil paling bersejarah bagi Mitsubishi.

Mitsubishi Auto Gallery Museum juga menampilkan deretan sepeda motor buatan Mitsubishi. (Septian/Liputan6.com)

Pasalnya, Model A adalah mobil pertama yang dibuat Mitsubishi pada tahun 1917. Ketika itu, Mitsubishi bahkan masih menggunakan nama Mitsubishi Shipbuilding Co., Ltd, sebagai pabrik pembuat kapal laut. Pembuataannya sendiri dilakukan di Kobe.

Mobil-mobil lain yang juga kerap menarik perhatian pengunjung adalah barisan mobil-mobil balap Mitsubishi. Ditampil beragam jenis mobil balap/sports Mitsubishi yang pernah berjaya di arena balap.

Mulai dari Mitsubishi 500 Super Deluxe yang jadi juara di Grand Prix Makau, hingga Mitsusbishi Pajero dan Mitsubishi Lancer Evolution yang kerap jadi jawara di ajang Reli Paris Dakar, World Rally Champions (WRS), dan Formula Jepang.

Mitsubishi Colt Galant salah satu mobil legendaris. (Septian/Liputan6.com)

Ada juga dipamerkan mobil-mobil berpenumpang yang legendaris. Sebut saja Colt Galant, Lancer, Mirage, hingga Debonair. Singkat kata, mengunjungi Mitsubishi Auto Gallery Museum adalah pengalaman yang menakjubkan. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: