Sukses

Mitsubishi Rayakan Satu Abad Mobil Pertamanya

Liputan6.com, Okazaki - Cerita Mitsubishi Motors berawal di Kobe, Jepang, 1917. Ketika itu, masih menggunakan nama perusahaan Mitsubishi Shipbuilding Co., Ltd, yang merupakan pabrikan pembuat kapal laut, mereka membuat mobil pertama yang dinamakan Mitsubishi Model A.

Artinya, sekarang mobil ini telah berusia 100 tahun alias satu abad! Tak hanya untuk Mitsubishi sebenarnya, sejarah itu tercipta, melainkan juga industri otomotif Jepang. Sebab, Model A menjadi mobil pertama yang diproduksi secara massal di Jepang.

Bukan hanya itu, Model A juga menjadi mobil pertama di Jepang, yang menggunakan mesin dengan bahan bakar bensin. Ketika itu, dimotori Taizo Soda, Mitsubishi Model A dibuat sebanyak 22 unit.

Ketika Liputan6.com bersama beberapa media Indonesia mengunjungi Mitsubishi's Auto Gallery Museum, atas undangan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Kamis (26/10/2017), mobil ini jadi perhatian tersendiri.

Sebab, selain faktor sejarah tadi, bentuk Mitsubishi Model A juga unik, menarik, khas zaman dulu.

Tapi, jangan salah, meski hanya replika, bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya sama persis dengan yang digunakan, saat pertama kali dibuat.

Ketika itu, Mitsubishi Model A memang dibuat dengan tangan para pengrajin. Bahkan, bagian interior mobil pun masih terbuat dari batang kayu pohon cemara yang dipernis.

Mobil Mitsubishi Model A ini masuk kategori sedan empat pintu. Interiornya pun cukup luas dan bisa menampung hingga tujuh penumpang.

Model A didesain mirip dengan mobil Fiat Tipo 3 dengan 4 mesin sejajar dan kapasitas silinder 2,8 liter berkekuatan 35 tenaga kuda. Model A bisa melaju dengan kecepatan hingga 32 km/jam. Belum lama ini, Mitsubishi Model A dipamerkan di Bangkok Motor Show, Thailand.

Baru-baru ini, bekerja sama dengan sebuah bengkel modifikasi terkenal Amerika Serikat, West Coast Customs, Mitsubishi kembali membuat Model A. Namun modelnya sedikit dimodifikasi dengan menggunakan sasis, mesin dan teknologi Outlander PHEV plug-in hybrid.

Ini dilakukan untuk memperingati 100 tahun Mitsubishi yang jatuh pada tahun ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Berjuta Cerita dan Sejarah di Mitsubishi Auto Gallery
Artikel Selanjutnya
Top 3: Pesona Wujud Penerus Xenia di Tokyo Motor Show 2017