Sukses

Inilah Mobil Balap Pertama Mitsubishi

Liputan6.com, Okazaki - Selain dikenal sebagai produsen mobil harian berkualitas, Mitsubishi juga sudah lama dikenal sebagai penghasil mobil balap dengan kualitas nomor satu. Dua mobil keluaran Mitsubishi Pajero dan Mitsubishi Lancer Evolution: saat ini dikenal sebagai rajanya balap off-road.

Mitsubishi Pajero telah berkali-kali memenangkan lomba Reli Paris Dakar yang dikenal memiliki medan "mematikan".

Sementara Mitsubishi Lancer Evolution bahkan pernah empat tahun berturut-turut (1996-1999) jadi juara di ajang World Rally Championship dengan driver asal Finlandia, Tommi Makinen. Di ajang ini, Mitsubishi juga pernah jadi jawara untuk kategori pabrikan pada tahun 1988.

Namun, sebelum melahirkan dua mobil di atas, Mitsubishi sudah lama dikenal sebagai salah satu pabrikan mobil balap terkemuka.

Tepatnya pada tahun 1962, saat Mitsubishi 500 Super Deluxe tampil di lomba balap bergengsi, Grand Prix Makau. Dengan driver Kazuo Togawa, Mitsubishi 500 Super Deluxe berhasil jadi nomor satu di kelas 750 cc.

Tak hanya Togawa, tiga mobil Mitsubishi lainnya juga sukses menempati posisi kedua, ketiga, dan keempat. Di ajang itu, Mitsubishi Super Deluxe memang mengikutsertakan beberapa mobil.

Tak heran, mobil ini selalu menjadi salah satu primadona di Mitsubishi Auto Gallery Museum, Okazaki. Liputan6.com beruntung bisa melihat dari dekat mobil yang begitu bersejarah bagi Mitsubishi ini.

Bersama beberapa media Indonesia lainnya, Liputan6.com diundang Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) untuk hadir di ajang Tokyo Motor Show 2017, di mana Mitsubishi memamerkan 12 mobilnya.

Mitsubishi 500 Super Deluxe ini sendiri merupakan kembangan dari mobil Mitsubishi 500. Ini merupakan mobil pertama yang diproduksi secara massal oleh Mitsubishi setelah Perang Dunia II. Harganya, ketika itu, di tahun 1960-an 390 yen atau setara Rp 46.800 dengan kurs saat ini.

Saat membuat Mitsubishi 500, pabrikan Mitsubishi memang fokus untuk membuat kendaraan yang terjangkau untuk kelas family car. Mobil sedan ini memilik dua pintu dengan kekuatan 21 tenaga kuda.

Di jalan, kecepatan mobil ini bisa mencapai 90 km per jam. Namun, untuk Mitsubishi Super Deluxe, kecepatan ditambah menjadi 96 km per jam.

Sukses Super Deluxe ini membuat Mitsubishi makin bersemangat membuat mobil-mobil cepat selanjutnya. Terbukti di ajang yang sama, pada tahun 1963 dan 1964, Mitsubishi kembali jadi yang terbaik dengan mobil Colt 600 dan Colt 1.000.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Honda Tiger Scrambler Tracker Ini Gemparkan Banjarmasin