Sukses

Yamaha Pamer Motor Anti Jatuh, Penantang Honda Riding Assist-E?

Liputan6.com, Tokyo - Mengikuti ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2017, Yamaha resmi memperkenalkan konsep motor pintarnya, Motoroid. Model purwarupa ini menggunakan kecerdasan buatan, atau Aritificial Intelligence (AI).

Motorid merupakan kuda besi hasil karya dari pusat riset dan pengembangan baru pabrikan berlambang garpu tala tersebut. Motor ini diciptakan untuk mempererat hubungan, antara manusia dan tunggangan kesayangannya.

Yamaha Motoroid ini digerakan dengan 100 persen tenaga listrik, dengan sumber tenaga menggunakan baterai ion lithium dan motor penggerak yang terpisah dari bagian belakang. Istimewanya, motor ini mampu mengenali muka serta suara si pemilik motor, dan menjalankan perintah dari si empunya.

Dengan suara pemiliknya, motor ini mampu melipat standar samping, berdiri tegak tanpa terjatuh, berjalan maju dan mundur menghampiri sang pemilik.

Sebelum Yamaha pamer motor barunya ini, Honda juga sempat memperkenalkan Riding Asist-E, di gelaran otomotif yang sama.

Keistimewaan dari Honda Riding Asist-E adalah bisa menyeimbangan diri sendiri. Saat motor berhenti, meskipun kaki pengendara tidak turun, motor ini masih bisa berdiri tegak.

Demikian juga saat pengendara turun dari motor, Honda Riding Asist-E masih tetap bisa berdiri tegak tanpa standar. Tentu saja keistimewaan tersebut akan meringankan kerja pengendara.

 

Artikel Selanjutnya
Galak Mana, Honda CB150R ExMotion atau CB150R StreetFire?
Artikel Selanjutnya
Bocoran Model Baru Mobil Listrik Honda