Sukses

Maret 2018, Gaikindo Gelar Pameran Khusus Kendaraan Komersial

Rencananya Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) di gelar JCC, Senayan, Jakarta, 1-4 Maret 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) siap menghadirkan pameran khusus kendaraan komersial yang disebut Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC). Acara tersebut rencananya digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, 1-4 Maret 2018.

Menurut Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, GIICOMVEC 2018 sengaja digelar agar industri kendaraan komersial Indonesia memiliki prospek positif di tengah tumbuhnya infrastruktur Indonesia dan membaiknya harga komoditas serta industri mining.

“GIICOMVEC akan menjadi momentum yang sangat tepat untuk mendorong industri kendaraan komersial di Indonesia,” jelas Nangoi dalam keterangan tertulis, Selasa (31/10/2017).

Nangoi juga menyatakan, penyelenggaraan pameran di awal 2018 diprediksi sangat baik, karena pertumbuhan industri kendaraan komersial mulai menggeliat bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Berkaca dari data Frost & Sullivan, tahun depan diperkirakan pasar otomotif Indonesia akan mengalami pertumbuhan. Hal ini didasari beberapa faktor, seperti belanja pemerintah, pembangungan infrastruktur dan kegiatan operasional di Indonesia yang membutuhkan kendaraan komersial.

Diperkirakan, pasar kendaraan niaga akan menambahkan sekitar 0,5 persen pertumbuhan pasar otomotif Indonesia.   Sementara itu, Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo yang membawahi bidang pameran menyatakan, penyelenggaraan pameran Gaikindo diyakini mampu memberi efek positif bagi pertumbuhan industri otomotif nasional. 

Kata Rizwan, keseluruhan konsep dan suasana yang dibangun pada pameran GIICOMVEC akan fokus untuk membantu industri kendaraan komersial menangkap momentum positifnya.

“GIICOMVEC akan menjadi ajang bagi APM komersial untuk menghadirkan produk dan teknologi yang mereka miliki ke pengunjung yang tepat, dan peserta juga akan diberikan space serta waktu khusus untuk menunjukkannya langsung,” terangnya.

Ia juga menambahkan, GIICOMVEC 2018 memberikan pengunjung potensial akan kesempatan untuk memilih produk yang sesuai kebutuhan bisnis mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menakar Kemegahan Pameran Otomotif

Pameran otomotif merupakan salah satu tolak ukur industri otomotif di suatu negara. Maka, tidak heran jika banyak pameran otomotif yang diselenggarakan dengan sangat besar dan megah. Selain itu, pameran otomotif dipercaya dapat mendongkrak keadaan ekonomi dengan meningkatkan gairah masyarakat untuk membeli kendaraan.

Datang ke sebuah pameran otomotif membutuhkan banyak persiapan. Selain persiapan dari godaan mobil-mobil keren, SPG cantik, Anda juga perlu mempersiapkan fisik dan mental. Mengapa demikian? Karena pameran otomotif umumnya diadakan di sebuah lokasi yang sangat luas, dan luasnya mencapai ratusan ribu meter persegi.

Berikut deretan pameran otomotif dengan lokasi yang sangat luas.

1. Detroit Auto Show (North American International Auto Show)

North American International Auto Show pertama kali digelar di Detroit pada tahun 1907 berlokasi di Beller Beer Garden, Riverside Park. Pada tahun 1987, Detroit Auto Dealers Association (DADA) menyarankan agar menjadi pameran bertaraf internasional. Sampai saat ini, North American International Auto Show diselenggarakan di Cobo Center, Detroit dengan luas mencapai 92.903 meter persegi atau setara 11,26 lapangan sepak bola.

2. Gaikindo Indonesia International Auto Show

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) adalah salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia. GIIAS merupakan salah satu tolak ukur untuk industri otomotif di Indonesia. Total luas pamerannya mencapai 96.599 meter persegi setara 11,7 lapangan sepak bola. GIIAS bertempat di ICE, BSD, Tangerang.

3. Tokyo Motor Show

Tokyo Motor Show merupakan sebuah pameran otomotif yang diselenggarakan dua tahun sekali di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang. Pameran ini menjadi salah satu tolak ukur industri otomotif dunia. Sebabnya, pameran ini kerap kali menghadirkan mobil konsep dan juga teknologi terbaru. Total luas dari venue Tokyo Big Sight mencapai 102.887 meter persegi atau setara 12,47 lapangan sepak bola.

4. Genera International Motor Show

Geneva International Motor Show (Salon International de l’Auto) merupakan pameran otomotif tahunan yang diadakan di Swiss. Lokasinya berada di Geneva Palexpo, berdekatan dengan Geneva Cointrin International Airport. Pertama kali diadakan pada 1905, pada saat itu didominasi oleh mesin konvensional dan juga mobil bertenaga uap. Luas Geneva International Motor Show mencapai 106.000 meter persegi atau setara 12,84 lapangan sepak bola. 

5. Paris Motor Show

Paris Motor Show merupakan pameran otomotif dua tahunan yang diadakan di Paris, Prancis. Ajang ini merupakan salah satu pameran yang populer, di mana pabrikan meluncurkan mobil baru maupun mobil konsep. Paris Motor Show merupakan pameran otomotif pertama di dunia yang diadakan tahun 1898 oleh Albert de Dion. Luas area Paris Motor Show mencapai 120.773 meter persegi atau setara 14,63 lapangan sepak bola. 

6. Frankfurt Motor Show

Frankfurt Motor Show atau dikenal sebagai Internationale Automobil-Ausstellung (IAA - International Automobile Exhibition) merupakan pameran otomotif terbesar di dunia. Luas pamerannya mencapai 200.000 meter persegi atau setara 24,24 lapangan sepak bola. Pameran yang diadakan dua tahun sekali ini berlokasi di Frankfurt am Main, Hesse, Jerman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.