Sukses

Rilis di Jepang, Honda Gold Wing Menuju Indonesia?

Liputan6.com, Sepang - Jika Anda pernah melihat rombongan Presiden Jokowi lewat di jalan, pastinya pernah melihat motor super besar yang ikut mengawal. Motor berjenis Gold Wing itu memang terlihat mentereng untuk ukuran orang Indonesia.

Tak banyak juga orang Indonesia yang memiliki motor yang memiliki nama asli GL 1800 Gold Wing ini. Maklum saja, konon motor ini memiliki harga hingga miliaran rupiah. Kini, Honda mengeluarkan keluaran terbaru New Gold Wing. Pekan lalu, motor ini diperkenalkan di acara Tokyo Motor Show 2017, Tokyo, Jepang.

Lalu, apakah motor ini akan didatangkan ke Indonesia? Dikonfirmasi ke Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma, dirinya mengungkapkan bahwa perlu kesiapan untuk mendatangkan motor besar ini.

"Bila didatangkan ke Indonesia, tentunya kita masih harus mempelajarinya. Selain itu kita perlu juga memesan dari Kumamoto (pembuatan Gold Wing) sesuai dengan spesifikasi di Indonesia," ujar Toshiyuki Inuma di sela-sela Honda Asian Journey 2017, pekan lalu.

Spesifikasinya antara lain memiliki transmisi 6 percepatan dan juga transmisi otomatis 7-speed DCT. Bobot sasis lebih ringan 2 kilogram (kg) serta kini bobot total hanya 365 kg dari keluaran sebelumnya 413 kg. Selain itu tenaga dan torsinya juga lebih kuat dari sebelumnya.

"Motor ini sudah diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2017, bentuknya lebih bagus dan lebih banyak fitur," pungkas Inuma.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Beli Moge

Tidak semua motor yang di pasarkan di Indonesia diproduksi di dalam negeri. Bebeberapa model didatangkan secara utuh dari luar negeri atau completely built up (CBU) dengan sejumlah alasan.

Salah satu motor CBU yang banyak diminati adalah jenis motor gede (moge) dan ada beberapa model lain yang memang dijual secara terbatas. Untuk motor CBU ini biasanya Anda harus inden atau menunggu sementara waktu hingga itu motor dikirim ke garasi.

Beda halnya jika status motor itu ready stock, tentunya pengiriman akan lebih cepat. Nah, bagi Anda yang berniat membeli motor CBU di akhir tahun ini sebaiknya harus dipikir ulang.

"Jadi kalau beli moge jangan akhir tahun, kecuali yang barangnya benar-benar ready," kata Ario, Head of Marketing PT Wahana Makmur Sejati selaku dealer utama sepeda motor Honda wilayah Jakarta dan Tangerang saat ditemui di acara Honda Dream Cup 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Ario, pengadaan unit CBU terakhir ditetapkan bulan Oktober. Pasalnya dalam melakukan pemesanan dibutuhkan waktu dua bulan.

Artinya, jika order bulan ini maka pesanan baru datang awal tahun depan dengan VIN (Vehicle Identification Number) tahun ini.

"Makanya AHM selalu netapin Oktober sebagai bulan terakhir (order unit CBU) dan baru buka pemesanan lagi awal tahun depan," tutup Ario.

Artikel Selanjutnya
Dari Cikarang, Mitsubishi Xpander Menuju Mesir dan Bolivia
Artikel Selanjutnya
Pameran Gadget Inovatif Segera Digelar di Hong Kong, Kapan?