Sukses

Honda PCX Listrik Datang, Yamaha Siapkan NMax Tanpa Bensin?

Liputan6.com, Jakarta - Dalam gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2017, Honda Motor Co Ltd resmi memperkenalkan PCX bertenaga listrik. Kabarnya, skutik gambot andalan pabrikan berlambang sayap mengepak ini bakal masuk ke Indonesia tahun depan.

Seperti tidak mau kalah dengan pesaing utamanya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga sudah resmi melakukan market trial motor listrik di Indonesia. Pabrikan asal Jepang ini menyediakan 10 unit motor listrik untuk dites empat institusi di Tanah Air.

Untuk tes pasar ini, Yamaha membawa E-Vino, sebuah motor listrik mungil yang cocok untuk bepergian dengan jarak dekat. Namun, jika Honda mengeluarkan PCX yang pastinya memiliki jarak tempuh yang lebih jauh, apakah Yamaha juga siap meluncurkan NMax tanpa bensin?

Dijelaskan Wakil Presiden Eksekutif PT YIMM, Dyonisius Beti, untuk menjadikan Yamaha NMax dengan penggerak motor listrik bukan sebuah masalah. Pasalnya, Yamaha juga sudah memiliki teknologi dan proses produksinya.

"Saya pikir sih apa saja bisa (ganti model bensin ke listrik). Teknologi bensin ke sini (motor listrik), lebih mudah (karena) cuma mengganti. Yamaha NMax saya pikir ready," jelas Dyon saat ditemui wartawan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Namun sayang, ketika ditanya lebih lanjut terkait kehadiran Yamaha NMax, Dyon masih belum memberikan informasi lebih detail. Pihak Yamaha masih sangat menutup rapat keran informasi terkait Yamaha NMax listrik dan lebih berkonsentrasi untuk menguji pasar motor listrik mungil, Yamaha E-Vino.

Simak Video Pilihan Berikut:

1 dari 3 halaman

Honda PCX listrik

Honda motor Co Ltd memperkenalkan Honda PCX generasi baru, yaitu yang bertenaga listrik. Sayangnya, pihak PT Astra Honda Motor belum bisa memastikan kapan model ini akan masuk ke Indonesia.

CEO Honda Motors Co Ltd Takahiro Hachigo menjelaskan, Honda telah memimpin upaya pengurangan emisi gas buang dengan mengadopsi mesin 4 langkah dan teknologi injeksi bahan bakar jauh lebih dulu dari produsen lain.

Kini, Honda membuat kemajuan dalam pengembangan produk sepeda motor elektrik. "Saat ini, kami memamerkan PCX Hybrid dan PCX Electric baru yang sedang dikembangkan berdasarkan model skuter Honda PCX, yang telah populer di seluruh dunia," jelas dia dalam acara Tokyo Motor Show 2017, Jepang, Rabu (25/10/2017).

Honda PCX versi listrik atau elektrik akan segera dipasarkan di Jepang tahun depan. Selanjutnya akan menyusul negara lain. Skutik listrik Honda yang berdimensi panjang 1,923 mm, lebar 745 mm, dan tinggi 1.107 mm ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan pengendara masa depan yang lebih harmonis dengan lingkungan sekitar. 

2 dari 3 halaman

Next

Honda PCX Electric dibekali motor dengan baterai jenis Li-ion yang ergonomis karena bisa dilepas (Honda Mobile Power Pack). Untuk output-nya diklaim di 0,98 kW.

Untuk masuk pasar Indonesia, Direktur Marketing PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Widjadja mengatakan masih akan melakukan studi terlebih dahulu, jika pada saatnya akan dibawa ke Indonesia.

“Kita lihat dulu pasarnya, selain itu seperti regulasi pemerintah. Jika semuanya sudah siap bersamaan kesiapan infrastruktur kita,” katanya.

Artikel Selanjutnya
Motor Sport 250 Cc Terbaru Yamaha Dijual Rp 26 Jutaan
Artikel Selanjutnya
Suzuki GSX-R150 Buatan Indonesia Berlayar ke Negara ASEAN