Sukses

Jeep Willys, Kendaraan Tangguh di Perang Dunia II

Liputan6.com, Jakarta - Jika berbicara Jeep, bagi pecinta otomotif pasti tidak bisa memisahkannya dengan mobil 4x4 yang kuat. Hal tersebut tentu tidak salah, pasalnya mobil asal Amerika Serikat ini memang terkenal sebagai kendaraan tangguh, bahkan mulai dari Perang Dunia II.

Di era Perang Dunia kedua, siapa yang tidak mengetahui Jeep Willys. Ya, mobil ini memang menjadi simbol perang dunia kedua, dan diciptakan pertama kali pada 1941. Mobil ini dirancang oleh Karl Probst di bawah kontrak American Bantam Company.

Menilik sejarah, Jeep Willys merupakan mobil pertama Jeep khusus atas permintaan pemerintah Amerika Serikat sebagai kendaraan tempur pada Perang Dunia II.

Angkatan Darat AS memang memesan kendaraan tempur ringan pengganti Ford Model T pada Juli 1940. Mobil ini diharuskan memiliki spesifikasi daya angkut 272 kilogram, ground clearance kurang dari 914 milimeter, bobotnya 590 kilogram dengan sistem penggerak empat roda.

Akhirnya, Jeep Willys mulai diproduksi pada 20 Mei 1942 oleh Ford Motor Company. Dan yang terbanyak oleh Willys-Overland dari Toledo, Ohio karena pihak ABC kesulitan memenuhi jumlah produksi yang diminta AS.

Willys mengusung mesin M38A1 empat silinder 60 Tk dengan transmisi manual tiga percepatan, dan dua percepatan transfercase belakang. Dari sekian banyak Willys produksi awal, ada satu unit yang tersisa yang punya kedekatan dengan panglima perang saat itu.

1 dari 2 halaman

Jeep Willys Dwight Eisenhower

Dwight Eisenhower menjadi tokoh penting selama peristiwa Perang Dunia II. Ia merupakan presiden Amerika Serikat ke-34 sekaligus panglima tertinggi pasukan sekutu di Eropa.

Nah, dalam sebuah iklan di internet, ada Jeep Willys yang diklaim telah digunakan oleh Eisenhower di tahun 1943 saat tengah memimpin pasukan sekutu di Eropa kala menginvasi Jerman, tengah mencari pemilik baru.

Jeep ini sendiri merupakan hibah dari rakyat Skotlandia untuk digunakan kala mengunjungi Culzean Castle di pantai barat Skotlandia.

Dalam iklannya, pemilik Jeep mengatakan pihaknya telah menyimpannya sebagai koleksi pribadi selama hampir 40 tahun, dan telah merestorasi ulang seluruh komponennya ke dalam kondisi aslinya. Saat ini, Jeep Willys peninggalan Eisenhower tersebut dikatakan berada di Shefford, Inggris

Pada iklannya, pemilik Jeep Willys ini meminta mahar sebesar US$ 750 ribu atau sekitar Rp 9,15 miliar (kurs Rp 12.195 per US$) bagi yang berminat memboyongnya. Ia pun berani membuktikan keaslian Willys milik Eisenhower yang ia jual ini melalui surat-surat kepemilikan.

Bahkan, ia pun mengklaim masih menyimpan beberapa dokumen pendukung serta foto sebagai bukti jika mobil ini dulunya digunakan oleh panglima tertinggi pasukan sekutu saat terjadi Perang Dunia II.

Peminatnya yang ingin merasakan ruh kendaraan zaman perang ini, tentu harus merogoh kocek cukup dalam untuk memboyong Jeep Willys tersebut ke garasi rumah.

Artikel Selanjutnya
6-9-1915: Untuk Pertama Kali Prototipe Tank Diproduksi
Artikel Selanjutnya
Mobil Sport Toyota Naik Kelas