Sukses

Cara Menghemat Biaya Liburan Bareng Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Berlibur adalah suatu yang menyenangkan dan paling ditunggu semua orang. Pasalnya, dengan liburan bersama kita bisa terlepas dari aktivitas yang penat sehari-hari.

Namun biasanya meski sudah merencanakan dengan matang, terkadang rencana tersebut meleset dari perkiraan, anggaran misalnya.

Lalu bagaimana menghadapi masalah kelebihan anggaran yang kerap terjadi saat liburan? Berikut ulasan agar hemat saat liburan:

Pilih kuliner lokal

Untuk berhemat saat liburan, yang pertama direncanakan ialah mengenai makanan dan minuman. Alangkah baiknya Anda dan keluarga tidak makan di hotel atau restoran. Pilihlah kulineran lokal, atau pondok makan yang mampu menyajikan kuliner lokal daerah yang seringkali harganya jauh lebih murah.

Tak hanya itu, lokasi juga berperan. Di suatu tempat di tepi pantai mungkin akan jauh lebih mahal daripada restoran di pinggir jalan di mana makanannya mungkin sama saja rasanya.

Jika Anda bisa menemukan tempat di mana penduduk lokal setempat makan, biasanya harga lebih murah, dan makanannya seringkali terasa lebih enak.

Cermati saat berwisata

Untuk berwisata, Anda mungkin bisa menghemat uang dengan tiket kombinasi. Untuk biaya biasanya lebih murah daripada membeli tiket wisata satuan di beberapa tempat.

Terlebih lagi, dalam beberapa kasus tiket ini juga berfungsi sebagai tiket perjalanan. Sebelum bepergian, cek beberapa situs wisata online yang menawarkan pilihan tiket wisata kombinasi. Tiket yang dipesan secara online terkadang harganya juga bisa jauh lebih murah.

Menawar saat belanja

Saat liburan, biasanya selain kuliner hal yang membuat liburan boros adalah belanja. Tak tanggung-tanggung, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk belanja, oleh-oleh misalnya.

Untuk itu, jangan sungkan untuk melakukan tawar-menawar dengan pedagang, karena harga yang biasa disebutkan pedagang lebih mahal. Tentu saja cara ini akan menguntungkan dan menghemat pengeluaran Anda.

Transportasi

Untuk perjalanan liburan, Anda bisa memakai mobil pribadi. Selain menghemat, dengan mobil pribadi Anda bisa leluasa menggunakannya saat liburan.

Jangan sampai perjalanan jauh Anda dan keluarga terganggu atau kurang nyaman karena salah memilih kendaraan. Pilihlah kendaraan yang memang sudah terkenal akan hematnya, seperti Toyota Avanza dan Veloz.

Dengan tipe MPV (Multiple Purpose Vehicle), jenis mobil ini bisa memastikan perjalanan jauh jadi tetap menyenangkan, apalagi karena memiliki daya angkut penumpang cukup banyak (7 seater) dan juga kapasitas bagasi yang luas.

Tak hanya soal kapasitas, mobil yang tepat adalah mobil yang bisa menyesuaikan dengan kondisi jalanan yang beragam. Seperti Toyota Avanza yang sudah terbukti mampu melibas berbagai jenis jalan.

 

 

(*)

 

Artikel Selanjutnya
Cara Hemat Liburan ke Luar Negeri Bersama Keluarga
Artikel Selanjutnya
Mau Liburan Tapi Tak Punya Uang? Ini 5 Trik Atasinya