Sukses

Resmi, Ini Mobil Tercepat Sejagat

Koenigsegg Agera RS berhasil mencatatkan kecepatan puncak yang fantastis. Seberapa kencang?

Liputan6.com, Las Vegas Menjadi pabrikan mobil tercepat di dunia adalah gelar bergengsi yang diidam-idamkan oleh semua pabrikan otomotif. Untuk meraih gelar ini tentu tidak mudah, salah satu kendala terbesar adalah risiko yang besar untuk memecahkan rekor ini.

Koenigsegg boleh berbangga hati setelah meraih gelar tercepat dengan catatan waktu rata-rata dua arah sebesar 444,6 km/jam di jalan sepanjang 17,6 km antara Las Vegas dan Pahrump. Mobil yang digunakan sama dengan yang digunakan untuk memecahkan rekor 0-400-0 km/jam beberapa saat lalu.

Dilansir Topgear, untuk memecahkan rekor ini sang pemilik mobil meminta izin kepada pihak berwenang setempat untuk menutup jalanan lurus selama dua hari. Dengan lahan kosong, maka Koenigsegg Agera RS dapat berlari bebas memuntahkan tenaga 1.378,8 Tk tanpa khawatir.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Total Pengujian

Total pengujian yang dilakukan hanya tiga kali. Satu percobaan, dan dua lari tes di lurusan dua arah yang akhirnya diambil kecepatan rata-ratanya.

Niklas Lilja, sang penguji pabrikan Koenigsegg, mengungkapkan dirinya sama sekali tidak merasa gugup. Satu-satunya yang dikhawatirkan adalah kondisi ban, karena sewaktu-waktu bisa terjadi hal yang tidak diinginkan berasal dari ban.

Pengujian ini menggunakan ban Michelin Pilot Sport Cup 2, ban yang juga digunakan pada Bugatti Chiron dan Hennessy F5. Sebelum pengujian kecepatan puncak, tim insinyur Koenigsegg mendapatkan data ban tersebut tidak menghasilkan panas berlebih maupun gejala aus.

 

3 dari 3 halaman

Bugatti dan Koenigsegg Siap-Siap Bertekuk Lutut

 Hypercar terbaru Hennessey, Venom F5, diciptakan dengan satu tujuan, yaitu menjadi mobil jalanan tercepat di dunia. Kecepatan puncak diklaim melebihi 482 km/jam.

Dilansir Carscoops, untuk mencapai angka tersebut, tim Hennessey Special Vehicles harus menciptakan desain baru, sasis, dan bodi serat karbon. Semua dibuat untuk mendapatkan angka hambatan terkecil. 

John Hennessey, pendiri sekaligus CEO, mengungkapkan, "Kami berharap Venom F5, yang mendapatkan nama dari angin tornado terkencang skala Fujita, untuk menjadi mobil jalanan pertama yang dapat meraih kecepatan 482 km/jam. Kami bekerja sama dengan Pennzoil untuk meraih hal tersebut."

Mesin V8 twin turbo yang menghasilkan tenaga 1.600 Tk. Tenaga dari mesin disalurkan ke road belakang melalui transmisi 7-percepatan single clutch.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.