Sukses

Di Masa Depan, Teknologi Ini Bikin Ketok Magic Bangkrut

Liputan6.com, Jakarta Lamborghini kini sedang bekerja sama dengan insinyur Massachusetts Institute of Technology (MIT) untuk menciptakan supercar listrik tanpa baterai. Sebagai gantinya, bodi pada mobil konsep Lamborghini Terzo Millennio akan disemati exotic carbon nanotubes.

Bodi berbahan exotic carbon nanotubes diperuntukkan sebagai supercapacitor yang sanggup menyimpan dan mengeluarkan energi. Nah, selain berfungsi sebagai supercapacitor. Bahan exotic carbon nanotubes memiliki fungsi lain yang unik dan canggih.

Dilansir CNN, carbon nanotube body dapat menyembuhkan dirinya sendiri tanpa perlu interupsi dari mekanik. Sensor pada bodi mobil dapat mendeteksi adanya keretakan kecil pada bodi, lalu keretakan tersebut dapat ditutupi oleh cairan khusus melalui selang berukuran kecil.

Namun, kerusakan yang cukup serius tetap membutuhkan penanganan langsung oleh teknisi Lamborghini. Jika hal ini terjadi, mobil akan memperingatkan langsung kepada pengemudi.

Teknologi ini memungkinkan untuk terjadi, tapi tantangan utamanya adalah membuatnya menjadi teknologi yang terjangkau, bahkan untuk harga Lamborghini sekalipun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Supercapacitor

Supercapacitor yang terbuat dari karbon memiliki kelenturan untuk dibentuk menjadi panel bodi. Keuntungan tersebut dapat memangkas bobot mobil dan mempermudah merancang desain.

Keuntungan lainnya, supercapacitor dapat menyerap dan melepas energi lebih cepat dari baterai. Baterai dapat menjadi kepanasan, dan performanya akan menurut. Hal tersebut biasanya terjadi saat motor elektrik berperforma tinggi menyerap banyak energi dari baterai secara terus menerus.

Kelemahan dari supercapacitor adalah kemampuan menyimpan energi relatif kecil. Saat ini supercapacitor digunakan untuk meledakkan energi jangka pendek, seperti menyalakan mesin bensin.

Artikel Selanjutnya
Jurus Astragraphia Dorong Industri Printing di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Sayer, Setir Mobil Otonomos Masa Depan