Sukses

Erdogan Minta Turki Punya Mobnas di 2021, Indonesia Kapan?

Liputan6.com, Istanbul - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengumumkan rencananya untuk meluncurkan mobil yang seluruhnya dibuat di Turki, atau istilahnya mobil nasional (mobnas). Mobil ini diharapkan bisa hadir empat tahun lagi, atau di 2021.

Melansir Reuters, ditulis Selasa (7/11/2017), jika mobil nasional ini benar-benar diproduksi, hal tersebut merupakan mimpi lama bagi masyarakat Turki yang menjadi kenyataan. Selain itu, mobil ini bakal jadi prioritas pertama masyarakat Turki dalam memilih mobil.

Sementara itu, Turki memang terkenal sebagai pengekspor besar kendaraan ke Eropa. Mobil tersebut dibuat oleh pabrikan global yang bermitra dengan perusahaan lokal.

Selama bertahun-tahun, partai AK yang dipimpin oleh Erdogan telah memiliki tujuan untuk menghasilkan produksi mobil nasional, dan hal tersebut digunakan sebagai bukti kekuatan ekonomi Turki.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Erdogan telah menentukan sebuah konsorsium yang di dalamnya terdapat lima perusahaan, termasuk operator seluler Turkcell dan induk TV Vestel, yang telah dipilih untuk memproduksi mobil tersebut.

"Kami tidak ingin ada penundaan dalam proyek ini, dan kami tidak akan mentoleransi hilangnya waktu," ujar Erdogan, sekaligus memberikan informasi prototipe mobil tersebut akan selesai paling lambat pada 2019.

"Saya akan menjadi pelanggan pertama untuk mobil baru ini, dengan syarat saya akan membayarnya," tutupnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

 

1 dari 2 halaman

Hulk dari Turki

Parkir ](3117226 "")sembarangan hingga menghalangi mobilitas tetangga tak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di berbagai belahan dunia lainnya.

Hal ini pun terjadi di sebuah permukiman di Turki. Menariknya, ada cara tak biasa untuk memindahkan mobil tetangga yang mengesalkan di depan rumah.

Ya, hal itu dilakukan seorang pria yang dijuluki "Tulk" atau "Turkish Hulk". Bagaimana tidak, seorang diri, dia mengangkat dan mendorong mobil yang menghalangi pekarangan rumahnya.

Dilansir Motor1, Senin (9/10/2017), insiden tersebut bermula saat sang bibi hendak mengeluarkan mobil dari garasi rumah di pagi hari. Namun, ternyata ada sebuah Corsa B milik tetangga di seberang jalan menutupi jalan keluar tepat di depan rumah.

Sang bibi meminta tolong kepada keponakannya untuk mencari solusi agar mobil berkelir biru milik tetangga bisa dipindahkan.

Beberapa keponakan menghampiri rumah sang tetangga dengan harapan bisa meminta mobilnya untuk dipindahkan.

Beruntung, dia memiliki keponakan berusia 23 tahun dengan perawakan besar mirip Hulk dan tenaga yang kuat. Tanpa pikir panjang, mobil tersebut diangkat dan didorongnya.

Belakangan diketahui, sang bibi dan tetangganya kerap berselisih dalam hal parkir. Kejadian menggeser mobil bisa diartikan merupakan buntut dari aksi balas dendam.

Artikel Selanjutnya
Mendagri: Empati untuk Rohingya Tak Harus dengan Turun ke Jalan
Artikel Selanjutnya
Menlu Retno: RI Coba Bantu Krisis Rohingya dari Hulu ke Hilir