Sukses

Boros Saat Liburan, Mungkin Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Libur akhir tahun sudah di depan mata. Sudah saatnya Anda dan keluarga merencanakan liburan dari jauh-jauh hari. Namun, masalah yang biasa dirasakan saat liburan adalah terlalu boros.

Padahal, berlibur bersama keluarga setiap tahun sebenarnya bisa saja dilakukan tanpa harus menguras rekening tabungan. Dengan melakukan beberapa perubahan kecil dan menyisihkan sedikit uang, Anda pun bisa merencanakan liburan bersama keluarga.

Ya memang, meski sudah merencanakan dengan matang khususnya masalah biaya yang akan dikeluarkan saat liburan, terkadang anggaran yang direncanakan biasanya meleset dari perkiraan, sehingga sering melampaui anggaran yang sudah ditetapkan.

Alangkah baiknya, Anda buat terlebih dahulu tujuan dan buat anggaran biaya perjalanan yang mencakup semuanya, termasuk membeli oleh-oleh. Dengan memiliki tujuan tentu akan membantu Anda untuk merealisasikan keinginan.

Jangan lupa, libatkan seluruh anggota keluarga untuk merencanakan liburan tahun ini. Anda bisa memulai dengan bersama-sama membuat tabungan. Selain untuk mempunyai anggaran saat liburan, menabung merupakan satu cara yang bagus untuk mengajarkan anak-anak bertanggung jawab secara finansial demi sesuatu hal yang mereka inginkan.

Cara ini juga dapat mengikat dan mempererat hubungan dalam sebuah keluarga, sehingga dapat membuat semua orang senang dengan perjalanan yang akan dilakukan.

Lalu bagaimana cara melakukannya? Dilansir Liputan6.com, Sabtu (17/6/2017) berikut kiat-kiat dan kreatif menghemat anggaran untuk liburan bersama keluarga.

Buat rincian dana

Sebelum liburan, ada baiknya Anda membuat daftar barang yang diperlukan. Rincikan apa saja yang akan diperlukan, mulai dari akomodasi, logistik, sampai berapa hari Anda akan liburan.

Buka rekening liburan

Seperti ulasan di awal kalimat, membuat tabungan lebih baik ketimbang harus menggunakan uang bulanan. Nah, Anda bisa membuat rekening di bank. Buatlah terpisah dengan uang rutin.

Dengan begitu, ini akan membantu melacak dengan mudah apa yang Anda simpan dan menjaganya agar tetap terpisah dari pengeluaran rutin yang lainnya.

Membuat makanan sendiri

Salah satu kiat yang bisa dimulai untuk menghemat adalah dengan memasak makanan sendiri untuk Anda dan keluarga. Dengan cara ini, Anda akan mengurangi jajan di luar. Tak hanya hemat, dengan memasak makanan sendiri lebih terjamin kesehatan dan kebersihanya.

Potong biaya yang tak perlu

Biasanya saat liburan, Anda ataupun anggota keluarga yang lain kerap membeli camilan terlalu banyak. Nah, tentu hal itu bisa dipotong. Belilah yang diperlukan dan secukupnya saja. Terkadang kita bisa lupa belanja untuk hal-hal yang sebenarnya tak penting.

Kendaraan yang tepat

Saat liburan perlu dipikirkan pula mengenai transportasi. Apakah Anda perlu liburan lewat jalur udara atau darat. Nah, untuk menghemat biaya lebih baik menggunakan jalur darat. Tentu hal ini merujuk ke menggunakan mobil pribadi.

Tetapi menggunakan mobil pribadi bisa juga membuat kantong jebol. Hal tersebut bisa terjadi akibat mobil boros bahan bakar.

Maka dari itu, lebih baik menggunakan mobil yang hemat bensin. Tak hanya itu, pilihlah mobil tipe MPV (Multiple Purpose Vehicle). Dari segi pemakaian, jenis mobil ini bisa memastikan perjalanan jauh jadi tetap menyenangkan. Salah satu mobil yang sudah terkenal hemat bensin ialah Toyota Avanza dan Veloz.

Mobil tipe MPV memang bisa diandalkan, karena memiliki daya angkut penumpang cukup banyak (7 seater) dan juga kapasitas bagasi yang luas. Ini sangat cocok dengan karakter keluarga Indonesia.

Selain itu, Toyota Avanza dan Veloz telah terbukti mampu menyesuaikan berbagai kondisi jalanan di Indonesia, mau ke pegunungan atau pantai sekalipun. Dengan begitu, Anda dan keluarga tak perlu khawatir dengan rute jalanan berliku maupun tanjakan.

Kalau sudah begitu, tak perlu lagi khawatir dengan menghemat saat liburan tahun ini. Mau liburan kemana pun dan sejauh apapun, Toyota Avanza dan Veloz tetap nyaman dan aman untuk selalu menemani Anda serta keluarga.

(ADV)

Artikel Selanjutnya
5 Ciri yang Dilakukan oleh Orang 'Gagal' Selama Akhir Pekan
Artikel Selanjutnya
Cara Hemat Liburan ke Luar Negeri Bersama Keluarga