Sukses

Tidak Ada Kuda, Kenapa Ukuran Mesin Pakai Tenaga Kuda?

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda seorang pencinta otomotif, tentu tidak asing dengan satuan hp (horse power) atau tenaga kuda seperti yang biasa Liputan6.com pakai. Satuan tersebut bisa menggambarkan potensi yang dimiliki oleh sebuah kendaraan, semakin tinggi tenaga kuda maka kendaraan bisa semakin kencang berlari.

Namun, tahukah Anda darimana istilah tenaga kuda digunakan pada mesin? Dilansir howstuffworks, satuan tenaga kuda pertama kali digunakan oleh James Watt yang hidup dari 1736-1819.

Watt menggunakan kuda untuk bekerja di tambang batu bara. Watt ingin mengungkapkan tenaga yang mampu dihasilkan oleh binatang tersebut. Berdasarkan penelitiannya, rata-rata kuda sanggup menarik bobot 220 pound (setara 99,5 kg) menggunakan katrol sejauh 100 kaki (setara 30,48 meter) dalam 1 menit.

Untuk mendapatkan nilai tenaga kuda secara optimal, Watt meningkatkan perhitungannya sebesar 50%, menarik bobot 330 pound (149,6 kg) menggunakan katrol sejauh 100 kaki (setara 30,48 meter) dapat dilakukan dalam 1 menit.

Fakta menarik lainnya, tenaga kuda dapat dikonversi menjadi satuan energi lainnya. Misalkan 1 tenaga kuda sama dengan daya 746 Watt. Bisa diartikan, jika menggunakan 1 kuda untuk menggerakkan treadmill, maka energi yang dihasilkan melalui generator mencapai 746 watt. Perhitungan ini akan memberikan gambaran besaran potensi yang dimiliki oleh motor listrik, karena satuan energi yang dihasilkan oleh motor elektrik berupa Watt.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Berapa Watt yang Diperlukan untuk Charge Mobil Listrik Tesla?

Prestige Image Motorcars selaku importir umum berbasis di Pluit, Jakarta Utara, menampilkan ragam pilihan kendaraan di hajatan otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Mereka menawarkan mobil listrik Tesla Model S P100D.

Marketing Executive Prestige Image Motorcars, Anthony Himawan, mengatakan, setiap konsumen yang membeli mobil buatan Amerika Serikat tersebut, akan mendapatkan alat pengisian daya (charger) serta layanan pemasangannya. 

“Bisa ngecharge di rumah, tarikan listriknya antara 2.000-2.500 Watt. Bisa dilakukan 6-8 jam,” ungkap Anthony saat ditemui di acara IIMS 2017 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Meski tak menyebutkan jumlah secara pasti, Prestige Image Motorcars mengaku telah menjual beberapa mobil listrik. Kebanyakan, para pemilik memasang charge mobil di area kantor karena memiliki daya listrik yang cukup tinggi.

Tesla Model S yang ditawarkan Prestige Image Motorcars merupakan edisi terbaru yang sebelumnya terdapat Tesla Model S 75 dan Model S 85.

Kata Anthony, tipe terbaru mampu dijalankan hingga 539 km dalam satu kali pengisian. Sedangkan tipe yang sebelumnya hanya mampu melesat dengan jarak 400 km. Tesla Model S P100D ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,5 detik.

Artikel Selanjutnya
Mengenal Turbocharger dan Supercharger, Bagaimana TripleCharger?
Artikel Selanjutnya
Dari Segi Teknis, Motor Matik Lebih Unggul dari Bebek, Benarkah?