Sukses

Berapa Harga Kereta Kuda yang Dipakai Kahiyang-Bobby?

Liputan6.com, Solo Pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution cukup menarik perhatian bagi sejumlah kalangan. Selain kental dengan adat Jawa, prosesi yang dijalani juga cukup unik.

Salah satu yang cukup menyedot mata, yaitu ketika kirab menggunakan kereta kuda menuju lokasi pernikahan.

Setidaknya ada delapan kereta kencana hadir dalam acara tersebut. Semua kereta kencana ditarik menggunakan bantuan 16 ekor kuda.

Tentu saja, kehadiran delapan kereta kencana ini juga tak lepas dari sorotan, karena tampilannya sangat nyentrik tak seperti delman.

Sebaliknya, kesan klasik dan elegan sangat terlihat, sehingga pernikahan ini mirip cerita-cerita masa lalu dan dongeng era kerajaan.

Usut punya usut, kereta kuda yang digunakan per unitnya bisa seharga Rp 100 juta.

Bukan tak mungkin harga kereta ini seharga mobil yang telah dilengkapi mesin. Sebab, pembuatan kereta tersebut tidak dibuat secara massal dan dibantu robot.

Sebaliknya, kereta kencana diracik secara manual dengan tangan. Bahkan, untuk pembuatan kereta ini tidaklah sebentar, tetapi memakan waktu hingga satu tahun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

8 Kereta Kencana dalam Prosesi Pernikahan Kahiyang-Bobby

Kereta kencana yang membawa Kahiyang Ayu tiba di Gedung Graha Saba, Solo, yang merupakan tempat berlangsungnya akad nikah dengan Bobby Nasution.

Pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution, diawali prosesi kirab kereta kencana menuju lokasi pernikahan. Masing-masing calon pengantin menggunakan empat kereta kencana. Sejumlah ruas jalan yang dilalui ditutup sementara. Kereta kencana yang mengantarkan Kahiyang-Bobby ke lokasi pernikahan dikawal Polwan dan TNI.

Untuk calon mempelai pria, Bobby Nasution, rute kirab kereta kencana dimulai dari Hotel Alila menuju lokasi pernikahan di Gedung Graha Saba Buana, Solo. Iringan empat kereta kencana akan melintasi Jalan Slamet Riyadi dan persimpangan RS Panti Waluyo.

Selama iringan kereta berjalan, arus lalu lintas dari arah barat ditutup dan dialihkan ke Jalan dr Soeharso. Selanjutnya iringan kereta melintasi Jalan Ahmad Yani melewati Bundaran Patung Wisnu Mahanan menuju Gedung Graha Saba Buana. Arus kendaraan dari Jalan Adi Soecipto menuju perempatan Manahan ditutup sementara.

Sedangkan rute kirab empat kereta kencana yang membawa calon mempelai perempuan Kahiyang Ayu dan keluarga, bertolak dari kediaman pribadi Presiden Jokowi langsung menuju Graha Saba Buana, yang berjarak hanya 300 meter.

Prosesi kirab kereta kencana dikawal ratusan polisi wanita dan prajurit wanita TNI. Mereka mengenakan busana adat dan menjadi pagar pagar betis di sepanjang jalan, baik yang dilalui calon mempelai wanita maupun calon mempelai pria. (Nila Chrisna Yulika)

Artikel Selanjutnya
Sapi Wagyu Jadi Hewan Kurban, Berapa Harganya?
Artikel Selanjutnya
Meikarta, Apartemen Terjangkau Berkualitas Premium