Sukses

Keren, Motor Retro Futuristik dari Honda

Liputan6.com, Milan Ajang EICMA yang berlangsung di Milan menjadi kesempatan bagi Honda untuk memperkenalkan motor konsep bergaya retro futuristik. Ini bukan pertama kalinya Honda memberikan sentuhan klasik pada kendaraan masa depan. Sebelumnya Honda memperkenalkan Urban EV hatchback concept di Frankfurt dan Sports EV  di Tokyo.

Motor bernama Honda CB4 Interceptor ini menggabungkan desain klasik dengan teknologi modern. Fairing yang terlihat seperti dari motor balap era 1960-an ini menyimpan segudang teknologi canggih. Sebut saja sebuah kipas kecil yang bersarang di tengah lampu bulat LED. Kipas ini bertugas untuk menghasilkan energi listrik yang berasal dari angin.

Energi tersebut digunakan untuk menyalakan layar sentuh yang berada di tangki. Fungsinya sebagai sistem navigasi, melakukan panggilan telepon, dan menyambungkan dengan smartphone milik rider, dilansir Carscoops.

Desain motor ini dilakukan di fasilitas R&D Honda yang bermarkas di Roma. Sebelumnya, Honda juga memperkenalkan motor konsep bergaya klasik di ajang EICMA dua tahun lalu, dan saat Tokyo Motor Show, Honda memperlihatkan Neo Sports Cafe concept.

Keseriusan Honda menggarap kendaraan masa depan berdesain klasik bisa memberikan harapan bagi pencinta desain retro. Sekarang tinggal menunggu Honda memberikan jawaban untuk memproduksi massal salah satu dari kendaraan bergaya retro tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Gaya Radikal Honda Supra Sundel Bolong ala Mini Chopper

Dalam dunia modifikasi, sah-sah saja bagi seorang builder untuk mengubah tampilan kendaraannya. Bahkan, sebuah motor moped atau bebek bisa diubah menjadi sebuah chopper klasik, yang biasanya menggunakan basis motor besar. 

Motor hasil garapan Hasan Law dari Pandawa Motorbike ini mengubah Honda Supra X 2004 menjadi sebuah mini chopper yang gagah. Bahkan motor yang dijuluki Sundel Bolong ini, mampu menyabet juara di ajang Honda Modif Contest (HMC) 2017, beberapa waktu lalu.

"Selama saya mengikuti HMC, belum ada peserta yang mengubah motor bebek jadi mini chopper.Makanya, saya nekat bikin konsep ini," jelas Hasan Law, saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Sabtu (4/11/2017).

Penggunaan nama Sundel Bolong sendiri, selain nama yang cukup familiar di Indonesia, sebagai salah satu nama hantu di Indonesia, motor ini juga diberi aksen bolong-bolong.  Ada kesan 'mistis' di motor garapannya tersebut.

Berbicara ubahannya, motor ini sudah mendapatkan ubahan yang radikal. Dimulai dari mengubah sasis dan mengganti frame baru, dan mengingat Honda Supra mengadopsi mesin tidur, jadi saat digunakan harus tetap nyaman.

Pemilihan tangki berwarna merah, serta grafis air brush-nya juga dipikirkan dengan sangat baik. "Sundel bolong kan suka menggoda laki-laki, dan air brush-nya dengan tema putri yang cantik, tapi tetap menyeramkan," tambah Law.

Selain pelek, ban, dan mesin, hampir semua part yang ada di Sundel Bolong dikustom, mulai dari tangki, spatbor, knalpot, jok, setang, dan lainnya.

Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Galak Mana, Honda CB150R ExMotion atau CB150R StreetFire?