Sukses

Ini Beda Suzuki SX4 S-Cross di Indonesia dengan India

Liputan6.com, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan salah satu produk andalannya, Suzuki SX4 S-Cross. Model baru dari pabrikan asal Jepang ini, memang masih didatangkan secara completely built-up (CBU) alias utuh dari India.

Dijelaskan Donny Saputra, Direktur Marketing PT SIS, terdapat perbedaan antara Suzuki SX4 S-Cross di Indonesia dengan India. Pasalnya, regulasi di Tanah Hindustan ini memang beda dengan di Indonesia.

"Tentunya ada (perbedaan spesifikasi). Di India pakai standar homoligasi Euro 4, sedangkan di Indonesia pakai standar Euro2," jelas Donny di sela-sela peluncuran Suzukin SX4 S-Cross di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (10/11).

Namun menurutnya, jika tahun depan standar sudah berubah menjadi euro4, pabrikan berlambang huruf 'S' ini pun juga sudah mempersiapkan hal tersebut (mengganti Euro2 ke Euro4).

"Selain itu, BBM, fitur, dan lain sebagainya juga kita sesuaikan dengan konsumen yang ada di Indonesia. Di India, Diesel 1.300cc, tidak punya bensin, di Indonesia justru pakai bensin," tambah Donny.

"Jadi, setiap produk yang kita pasarkan di Indonesia, kita sesuaikan dengan regulasi di sini juga," pungkasnya.

1 dari 2 halaman

Suzukin SX4 S-Cross Diesel

Sejatinya, di Negeri Tanah Hindustan tersebut, Maruti Suzuki memiliki line-up SX4 S-Cross bermesin Diesel. Lalu, apakah Suzuki bakal membawa SX4 S-Cross ke Indonesia?

Dijelaskan Donny Saputra, Direktur Marketing 4W PT SIS, pihaknya masih fokus untuk meniagakan Suzuki SX4 S-Cross mesin bensin. Namun, tidak menutup kemungkinan pabrikan asal Jepang ini bawa mesin Diesel untuk SX4 S-Cross.

"Kami masih dalam proses studi, dan saat ini kami fokus main di mesin bensin 1.500 cc. Jadi, tunggu saja kejutan dari kami," jelas Donny di sela-sela peluncuran Suzuki SX4 S-Cross di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2017).

Lanjut Donny, pemilihan produk yang dibawa Suzuki juga harus dipertimbangkan sesuai dengan karakter pasar di Indonesia. "Apakah kami akan memperkenalkan varian diesel? Semua masih studi, tunggu saja," tambahnya.

Untuk diketahui, Suzuki SX4 S-Cross di India memang hanya tersedia varian mesin diesel, yaitu berkapasitas 1.300 cc dan 1.600 cc. Untuk mesin berkapasitas 1.300 cc mampu mengembuskan daya hingga 90 Tk, sedangkan yang 1.600 cc mengeluarkan daya hingga 119 Tk.

Sementara itu, untuk di Indonesia, Suzuki new SX4 S-Cross ini dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1.491 cc VVT DOHC, yang mampu mengembuskan daya hingga 107 Tk pada 6.000 rpm. Mesin tersebut, dilengkapi dua pilihan transmisi, yaitu enam percepatan otomatis dan lima percepatan manual.

Artikel Selanjutnya
Warna Baru Ducati XDiavel S, Seperti Apa?
Artikel Selanjutnya
Jelang Peluncuran, Suzuki Swift Sport 2018 Goda Publik