Sukses

Rival Baru Bermunculan, Bagaimana Nasib Daihatsu Xenia?

Liputan6.com, Jakarta Tak dipungkiri, segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV) kini semakin sesak karena munculnya sejumlah model terbaru dari berbagai merek.

Sementara, Daihatsu Xenia yang juga kembaran Toyota Avanza hanya sedikit memberikan perlawanan. Mereka tak banyak melakukan ubahan signifikan, melainkan cuma merombak ringan atau hanya menambahkan varian dengan sedikit perbedaan.

Belum lagi, Daihatsu sendiri memiliki model mobil keluarga yang juga mampu menampung tujuh penumpang yaitu Daihatsu Sigra.

Hal ini pula menimbulkan pertanyaan, bagaimana masa depan Daihatsu Xenia di tengah sengitnya penjualan otomotif nasional?

Menanggapi hal tersebut, Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso menyatakan, meski hadir Daihatsu Sigra dengan penjualan yang signifikan, namun itu tidak menyurutkan konsumen memilih Xenia.

“Xenia dulu dominan, tapi sekarang kontribusinya tinggal 20 persen, nomor ketiga di Daihatsu setelah Sigra dan Gran Max Pickup. Tapi bukan berarti penjualannya turun. Masih baik-baik aja kok, dengan penjualan 2.900-3.000 unit per bulan,” ungkap Hendrayadi saat peluncuran Daihatsu New Great Xenia Custom di Daihatsu Astra Biz Center, BSD, Tangerang Selatan, Jumat (10/11/2017).

Namun, Hendrayadi tak menampik, bahwa penjualan Xenia saat ini posisinya di bawah Sigra dengan penjualan hampir 4.000 unit per bulan atau sebesar 26 persen dari total penjualan Daihatsu secara nasional.

“Nah lihat dari (penjualan Xenia) situ. Jadi, masa depannya Xenia masih baik ko. Masih nomor dua di Daihatsu,” ujar Hendrayadi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Kapan Xenia Generasi Ketiga Meluncur?

Sementara itu, terkait dengan Xenia generasi ketiga yang saat ini menjadi banyak pertanyaan, Corporate Planning Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Rudy Ardiman mengatakan, Daihatsu akan mengeluarkannya.

Hanya saja, Xenia generasi ketiga akan hadir sesuai dengan harapan para konsumen.

“Tunggu tanggal mainnya (Xenia generasi ke-3),” ucapnya.

Hal serupa juga diungkapkan Aftersales & Logistic Division Head AI-DSO Lili Herman. Dia pun tak menampik rencananya pengembangan produk Daihatsu

“Prinsipnya Daihatsu selalu mengembangkan produk,” tutupnya.

Artikel Selanjutnya
Tahun Depan Nissan Rilis Mobil Baru, Kembaran Xpander?
Artikel Selanjutnya
Top3: Mitsubishi Xpander Kalahkan Toyota Avanza dan Pelat Cantik