Sukses

Pembuktian Mobil Hemat Energi Mahasiswa UNY

Liputan6.com, Surabaya - Garuda Urban Gasoline 17 garapan tim Garuda UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) berhasil menyelesaikan race dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) di Kenjeran Park, Surabaya, Jawa Timur. Mobil hemat energi itu melahap delapan (8) putaran di lintasan sepanjang 11,6 km dalam waktu kurang dari 30 menit.

Tim pendukung Garuda UNY Mifta Saputra menjelaskan, lintasan balap KMHE tidak hanya lurus melainkan melingkar mengelilingi Kenjeran Park. "Tikungan-tikungan yang dilewati menjadi rintangan tersendiri dan membutuhkan strategi, kepiawaian driver serta kerjasama tim," terang Mifta dalam keterangan resminya, Sabtu (11/11/2017).

Setelah kendaraan menyelesaikan delapan putaran, tangki bahan bakar diukur kembali untuk mengetahui seberapa banyak bahan bakar yang dikonsumsi.

Dari lima kali kesempatan akan diambil hasil terbaik untuk dinobatkan sebagai pemenang. Kendaraaan dengan konsumsi bahan bakar paling sedikit akan keluar sebagai juara.

Sekadar informasi, Garuda UNY sendiri masuk dalam tim ICE (Internal Combustion Engine) yang terdiri dari kendaraan berbahan bakar bensin dan ethanol. Untuk menjadi juara, Garuda UNY harus bersaing dengan 36 tim kelas ICE dari berbagai universitas di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Rekor Sendiri Pecah

Advisor tim Garuda UNY Sutiman, M.T mengatakan, di Kenjeran tim Garuda UNY berhasil memecahkan rekornya sendiri. Dengan hasil ini, tim Garuda UNY menjadi sorotan dan diperhitungkan.

"Semula hanya perguruan tinggi tertentu namun sekarang kita memiiki kemampuan untuk bersaing pada level atas. Secara umum telah terjadi perkembangan dibandingkan dulu," terang Sutiman.

Pihaknya juga mengapresiasi dukungan dari Kemristekdikti dan sponsor-sponsor yang menyertai perjalanan Garuda Urban Gasoline 17.

Artikel Selanjutnya
Mengatasi Limbah, Toyota Kembangkan Teknologi Baterai Baru
Artikel Selanjutnya
Jokowi Setuju Produksi Mobil Listrik Harus 20 Persen pada 2025