Sukses

Lihat Perubahan Jeep dari Masa ke Masa

Liputan6.com, Jakarta Jeep generasi terbaru yang digadang-gadang sebagai JL akan memulai debutnya pada Los Angeles Auto Show. Sebelum model tersebut diperkenalkan, tidak ada salahnya mengingat kembali sejarah panjang Jeep di dunia.

Dilansir Autoevolution, semua berawal dari pendahulunya. Jika Anda melihat Jeep tahun 1945, maka Anda akan menyadari ikatan kuat Jeep dari masa ke masa. Ikatan kuat tersebut terlihat dari garis desain yang memiliki ciri khas tersendiri, sehingga semua model dari tahun berapa pun dapat dikenal sebagai sebuah Jeep.

Video yang diunggah oleh Donut Media memperlihatkan model-model yang penting. Seperti Willys CJ2a lansiran 1945 yang pertama kalinya mengadopsi desain gril 7 slot, dan di tahun yang sama nama "Jeep" didaftarkan sebagai sebuah merek.

Jeep sendiri merupakan salah satu merek yang cukup sukses, dan Jeep menjadi senjata andalan yang dimiliki oleh FCA. Meluncurkan produk baru dengan menjaga tradisi membuatnya tidak meninggalkan esensi dari sebuah Jeep.

Di Indonesia sendiri, mobil Jeep cukup populer dan digemari di kalangan pencinta off-road. Ketangguhan serta wajahnya yang maskulin menjadikannya sebagai pilihan untuk tunggangan sehari-hari, atau dimodifikasi untuk keperluan berpetualang.

1 dari 2 halaman

Jeep Willys, Kendaraan Tangguh di Perang Dunia II

Jika berbicara Jeep, bagi pecinta otomotif pasti tidak bisa memisahkannya dengan mobil 4x4 yang kuat. Hal tersebut tentu tidak salah, pasalnya mobil asal Amerika Serikat ini memang terkenal sebagai kendaraan tangguh, bahkan mulai dari Perang Dunia II.

 

 

Di era Perang Dunia kedua, siapa yang tidak mengetahui Jeep Willys. Ya, mobil ini memang menjadi simbol perang dunia kedua, dan diciptakan pertama kali pada 1941. Mobil ini dirancang oleh Karl Probst di bawah kontrak American Bantam Company.

Menilik sejarah, Jeep Willys merupakan mobil pertama Jeep khusus atas permintaan pemerintah Amerika Serikat sebagai kendaraan tempur pada Perang Dunia II.

Angkatan Darat AS memang memesan kendaraan tempur ringan pengganti Ford Model T pada Juli 1940. Mobil ini diharuskan memiliki spesifikasi daya angkut 272 kilogram, ground clearance kurang dari 914 milimeter, bobotnya 590 kilogram dengan sistem penggerak empat roda.

Akhirnya, Jeep Willys mulai diproduksi pada 20 Mei 1942 oleh Ford Motor Company. Dan yang terbanyak oleh Willys-Overland dari Toledo, Ohio karena pihak ABC kesulitan memenuhi jumlah produksi yang diminta AS.

Willys mengusung mesin M38A1 empat silinder 60 Tk dengan transmisi manual tiga percepatan, dan dua percepatan transfercase belakang. Dari sekian banyak Willys produksi awal, ada satu unit yang tersisa yang punya kedekatan dengan panglima perang saat itu.

Artikel Selanjutnya
Ini 4 Hal yang Terjadi Jika Alien Mendarat ke Bumi?
Artikel Selanjutnya
Sayer, Setir Mobil Otonomos Masa Depan