Sukses

Honda CRF 150L Versi Supermoto Bakal Hadir?

Liputan6.com, Bandung Saat peluncuran Honda CRF 150L pekan lalu, Astra Honda Motor (AHM) turut menghadirkan dua model modifikasi dan satu model konsep. Kedua model modifikasi itu bergaya adventure dan supermoto.

Tentu saja ini menjadi pertanyaan mengapa AHM hanya menawarkan CRF 150L dalam satu varian dan warna. Pasalnya, kompetitor menawarkan versi yang lebih lengkap, yakni on-road dan off-road.

Menanggapi hal ini, Deputy Head of Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin menyebut pihaknya belum dapat menghadirkan varian lain dari CRF 150L dalam waktu dekat.

"Sekarang ini belum bisa kita penuhi," katanya saat ditemui di Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/11).

Ia beralasan, model modifikasi yang dipamerkan saat peluncuran untuk memberikan inspirasi bagi masyarakat luas. "Kami ingin menunjukkan jika Honda CRF 150L itu mudah untuk dilakukan modifikasi," katanya.

Sebagai informasi, Honda CRF150L hanya memiliki satu warna, yakni Extreme Red dengan banderol Rp 31,8 juta on the road Jakarta.

Tidak cuma menawarkan unit dan layanan aftersales, pabrikan berlambang sayap mengepak itu juga menyediakan custom parts, aksesori, dan apparel untuk Honda CRF 150L.

Untuk custom parts berupa Excel Rim kelir hitam untuk pelek depan dan belakang. Sementara aksesori Honda Genuine Accessories (HGA) meliputi bar pad, heel guard, skid plate, dan rear rack dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp 100.000 hingga Rp 850.000.

Sementara Apparel Honda terdiri dari Honda CRF jersey & pants, Honda CRF Helmet, Knee & Elbow Protector, Honda CRF Printing Glove, dan Honda CRF Snapback yang tersedia dalam dua warna merah dan hitam dengan kisaran harga HET Rp 95.000 hingga Rp 750.000.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Basis Mesin Sama, Performa Honda CRF 150L di Atas Verza

Honda CRF 150L menjadi senjata baru bagi Astra Honda Motor untuk menggempur pasar roda dua nasional. Motor trail 150 cc itu dibanderol Rp 31,8 juta on the road Jakarta.

Dikatakan AHM, lawan dari Kawasaki KLX 150 ini menggunakan mesin dengan basis yang sama dengan Honda Verza. Namun, karakter yang ditawarkan berbeda.

 

 

"Masih satu basis dengan Verza cuma kalau CRF kodenya K84. Sementara yang digunakan Verza berkode K18," terang Technical Service Training Development PT Astra Honda Motor, Sarwono Edhi di Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/11).

Meski masih satu basis, mesin yang digunakan CRF 150L diklaim lebih tangguh karena memiliki kemampuan di medan off-road.

"Piston beda karena ada perlakuan hardner pada bagian dome (kepala piston). Dome-nya diberi lapisan, dikerasin supaya tahan karena mesin dipakai stop and go,"

"Kemudian crankshaft, balancing dan durasi cam, bore & stroke juga berbeda. Silinder head juga beda karena ada pegangan frame," Edhi menambahkan.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, gear set yang dipakai CRF 150L juga berbeda. Ukurannya dibuat lebih besar agar tarikan bawah lebih responsif.

"Final ratio juga beda, CRF pakai gir 49 di belakang dan 15 di depan. Jadi, lebih narik di bawah. Verza pakai (kombinasi) 14-42," tutup Edi. Meski ada banyak perbedaan komponen pada mesin CRF 150L, ada beberapa part yang sama seperti Verza, seperti transmisi dan kopling.

Sebagai informasi, CRF 150L mengandalkan mesin 4-Tak SOHC satu silinder berkapasitas 149 cc. Output yang dihasilkan 12,7 Tk pada putaran 8.000 rpm dengan torsi puncak 12,43 Nm pada 6.500 rpm.

Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Bocoran Model Baru Mobil Listrik Honda