Sukses

Wah, Motor Valentino Rossi Hancur Saat Tes Pramusim, Kenapa?

Liputan6.com, Valencia - Pembalap MotoGP, Hari ini (14/11/2017), mulai tes pramusim di Sirkuit Ricardo Tomo, Valencia, Spanyol. Begitu juga dengan tim Movistar Yamaha, yang menjadi sorotan karena penampilan yang kurang memuaskan di ajang balap sepeda motor paling bergengsi tahun ini.

Duo pembalap pabrikan berlambang garpu tala ini, yaitu Valentino Rossi dan Maverick Vinales memperoleh hasil yang cukup memuaskan. Untuk pembalap berjuluk The Doctor ini, menggunakan sasis 2016 dan mesin 2018, sedangkan rekan setimnya, Vinales, menggunakan sasis 2017 dan mesin 2018.

Namun sayang, dalam tes pramusim ini, pembalap bernomor 46 ini mengalami kecelakaan. Tidak tanggung-tanggung, Yamaha YZR-M1 yang digunakan Rossi hancur lebur karena kecelakaan tersebut. Beruntungnya, pembalap berpaspor Italia ini tidak mengalami cedera yang serius.

"Kecelakaan itu terjadi di tikungan ke sepuluh. Mungkin bannya dingin, dan saya sudah dua setengah putaran, dan kehilangan bagian depan. Saya tidak tahu, apakah saya keluar garis atau ban terlalu dingin. Saya tidak tahu," jelas Rossi dilansir Crash.net.

Meskipun terjatuh, Rossi cukup puas dengan hasil tes pramusim tersebut. Bahkan, ini mampu mencatatkan waktu tercepat keempat, di belakang Maverick Vinales di peringkat pertama, Johann Zarco posisi kedua, dan Marc Marquez di peringkat ketiga.

"Prioritas pertama adalah mesin, yang merupakan prototipe pertama mesin 2018. Tapi sayangnya, baru dua putaran dan saya jatuh. Saya harap mereka bisa memperbaiki dan kita bisa menggunakan mesin lain besok," pungkas Rossi.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Permasalahan Yamaha YZR-M1

Musim ini, dengan perpaduan pembalap pengalaman, Valentino Rossi, serta pembalap baru, Maverick Vinales, pabrikan asal Jepang ini seperti tidak mampu berbuat apa-apa di bawah Honda dan Ducati.

Tentu saja, permasalahan utama Yamaha ada di sasis YZR-M1 di trek basah. Sering kali, ketika balapan dalam kondisi hujan dan basah, baik Valentino Rossi maupun Maverick Vinales selalu tercecer di posisi di bawah tiga besar.

Bahkan, Valentino Rossi sempat frustrasi dengan tunggangannya, Yamaha YZR-M1, saat adu cepat di trek basah. "Kami sudah mencoba melakukan banyak hal dengan motor ini (Yamaha YZR-M1), tapi kami terus dalam masalah," jelas pembalap dengan sebutan VR46 tersebut.

Padahal musim lalu, Yamaha YZR-M1 sangat kompetitif di trek basah, dan motor yang dikendarai pembalap berjuluk The Doctor ini sangat nyaman dikendarai di segala kondisi lintasan.

"Kami mencoba memodifikasi, tapi pada akhirnya kami cukup jauh dari posisi atas, dan motornya sulit dikendarai dan secara umum masalahnya tidak saat di trek kering, kami tidak memiliki grip belakang," tambahnya.

Artikel Selanjutnya
Rossi Sudah Pesimistis Tidak Bisa Menjuarai MotoGP 2017
Artikel Selanjutnya
MotoGP: Pulang dari Rumah Sakit, Rossi Fokus Pemulihan