Sukses

Ini Cara Toyota Mengajak Kids Zaman Now Mencintai Lingkungan

Toyota Eco Gallery diyakini dapat mendorong generasi muda di Indonesia memiliki pemikiran positif sehingga bisa berkontribusi lebih.

Liputan6.com, Surabaya - PT Toyota Astra Motor meresmikan Toyota Eco Gallery di SMAN 9 Surabaya, Rabu (15/11/2017). Peresmian tersebut juga sebagai tanda PT Toyota Astra Motor sudah meresmikan 32 Toyota Eco Gallery yang terdapat di 32 sekolah di kota-kota besar di Indonesia. 
 
Vice Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto menuturkan, peresmian tersebut sebagai komitmen untuk mengembangkan bisnis yang baik di Indonesia serta turut membangun lingkungan yang sehat. Satu di antaranya ada melalui Toyota Eco Youth.
 
"Yakni bagaimana mendorong generasi muda di Indonesia memiliki pemikiran positif sehingga bisa berkontribusi lebih kepada negara, khususnya lingkungan sekitar," tuturnya. 
 
Henry menjelaskan, Toyota Eco Gallery merupakan fasilitas pembelajaran yang ditunjang teknologi informasi dalam satu tempat terintegrasi di sekolah. Program ini didukung fasilitas ruang meeting, multimedia, display reduce recycle, perpustakaan dan ruang baca, jaringan internet, dan zona musik.
 
Toyota Eco Gallery juga merupakan fasilitas percontohan dari program lomba berbasis lingkungan bagi siswa SMA dan sederajat, Toyota Eco Youth. 
 
"Pembangunan Eco Gallery merupakan bentuk apresiasi Toyota atas partisipasi aktif dan keikutsertaan sekolah -sekolah dalam program Toyota Eco Youth selama ini," katanya.
 
Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Eco Gallery

 
Menurut Henry, Toyota Eco Gallery sudah dimulai sejak 2011. Eco Gallery telah dimanfaatkan sebagai tempat pembelajaran lingkungan tidak hanya oleh sekolah-sekolah yang bersangkutan, tapi juga oleh sekolah-sekolah lain di masyarakat sekitar.
 
"Ke-32 Eco Gallery dibangun dalam 3 tahapan dan didonasikan Toyota Indonesia untuk pembangunan fasilitas pembelajaran di sekitarnya," ucapnya. 
 
Dia menjelaskan, tahap pertama (2011) dimulai pembangunan fasilitas pembelajaran di 8 sekolah di Pekanbaru, Palembang, Yogyakarta, Malang, Madiun, Gresik, Banjarmasin, hingga Manado.
 
Tahap kedua (2014) membangun fasilitas pembelajaran di 14 sekolah di Medan, Palembang, Jakarta, Bandar Lampung, Bandung, Semarang, Mojokerto, Surabaya, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, dan Makassar.
 
"Tahun ini, Eco Gallery dilanjutkan dengan pembangunan Toyota Eco Gallery di 10 sekolah di Jakarta, Karawang, Bandung, Yogyakarta, Blora, Surabaya, Ubud, dan Denpasar," ujarnya. 
 
Kepala Sekolah SMAN 9 Surabaya Muhammad Shadeli menambahkan,  program peduli lingkungan seperti Toyota Eco Youth telah mengubah sekolah tidak hanya sebagai tempat belajar mengajar, tapi juga sebagai tempat memulai untuk mencintai lingkungan sejak dini.
 
"Kepedulian terhadap lingkungan di sekolah ini kemudian ditularkan ke lingkungan di sekitar sekolah, begitu seterusnya berjalan secara berkelanjutan," ujar Sadeli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.