Sukses

Gunung Agung Meletus, Waspadai Abu Vulkaniknya

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Agung yang berada di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali meletus sejak pukul 17.05 Wita. Hingga kini, letusan itu masih berlangsung, dengan asap kelabu tebal yang bertekanan sedang hingga tinggi maksimum 700 meter di atas puncak.

"Abu letusan bertiup ke arah Timur-Tenggara," kata Kepala Pusat Data Infornasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan, Selasa (21/11/2017).

Abu vulkanik dapat menyerang setiap ruang kecil pada sebuah mobil. Permukaannya yang kasar dapat menggores setiap bagian, terutama bagian bergerak pada mobil. Partikel abu yang menyumbat filter udara dapat menyebabkan mesin overheat dan merusaknya. Risiko lainnya, abu yang masuk ke dalam ruang mesin dapat menyebabkan dinding silinder tergores. Bahkan, abu yang masuk ke dalam sistem transmisi dapat menyebabkan gerigi di dalamnya aus.

Seal pada komponen hidrolis dapat cepat aus dan menimbulkan kebocoran. Selain itu, abu yang melekat pada piringan cakram berpotensi menimbulkan baret. Bagian lainnya yang sangat rentan adalah bagian kaca depan. Abu yang menempel pada kaca dan dibersihkan menggunakan wiper, dapat menggores lapisan kaca.

Untuk mengantisipasi hal tersebut akibat gunung Agung meletus, Liputan6.com akan berbagi tips yang dikutip dari volcanoes.usgs.gov untuk menjaga mobil dari abu vulkanik yang berpotensi merusak mobil kesayangan.

1. Tingkatkan Interval Penggantian Oli

Penggantian oli harus lebih sering dilakukan. Jika kondisi abu sangat padat, lakukan penggantian oli setiap 160 km. Jika kondisi abu vulkanik tidak terlalu padat, lakukan penggantian oli setiap 1.600 km. Jangan lupa untuk lubrikasi semua komponen bergerak pada sasis, seperti suspensi, tie rod, ball-joint, dan lainnya.

2. Bersihkan Filter Udara Setelah Melakukan Perjalanan

Filter udara dipastikan akan sangat kotor setelah melewati perjalanan mengarungi abu vulkanik. Bersihkan filter udara menggunakan semprotan angin. Semprotkan angin dari bagian filter yang bersih, sehingga kotoran abu vulkanik akan terbuang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gunakan Mode Sirkulasi Internal

 

Saat berkendara mengarungi abu vulkanik, Anda disarankan hanya menggunakan mode sirkulasi internal pada sistem penyejuk udara. Dengan menggunakan mode ini, mobil tidak akan mengambil udara dari luar untuk mensirkulasikan udara di dalam kabin.

4. Bersihkan Mobil dan Garasi secara Berkala

Ruang garasi Anda bisa saja menjadi tempat sarangnya abu vulkanik. Bersihkan secara berkala agar abu tersebut tidak melekat pada mobil.

Setelah Anda membersihkan garasi, jangan lupa untuk membersihkan mobil secara menyeluruh. Selain bagian eksterior, yang perlu dibersihkan adalah mesin, radiator, dan komponen penting lainnya.

Jangan gunakan semprotan bertekanan tinggi karena berpotensi merusak permukaan yang bersentuhan dengan abu. Cukup dengan mengalirkan air menggunakan selang biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.