Sukses

11 Fitur Safety Avanza dan Veloz Ini, Bikin Konsumen Makin Aman

Liputan6.com, Jakarta Toyota Avanza adalah satu kisah manis dari cerita-cerita lain yang pernah tercatat dalam sejarah otomotif Indonesia. Sejak diperkenalkan pada penghujung 2003, tahta mobil ini sebagai pemimpin pasar tidak pernah tergoyahkan, bahkan mobil ini mendapat predikat sebagai mobil sejuta umat.

Seiring berjalannya waktu, PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai pun terus memperbaharui teknologi dan fitur-fitur modern pada Avanza dan Veloz untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman berkendara yang menyenangkan bagi konsumen.

Salah satu fitur yang mengalami peningkatan adalah fitur safety atau keamanannya. Dewasa ini mobil dengan fitur keamanan yang mumpuni menjadi salah satu faktor konsumen dalam memilih kendaraan.

1. Center Head Rest yang terletak di baris kedua. Fitur ini berguna untuk mencegah atau mengurangi cedera pada tulang leher.

2. Tiga point seat belt yang ada di semua kursi. Artinya ada 7 buah sabuk pengaman yang terletak di setiap bangku mulai dari bangku baris pertama hingga baris ketiga pada semua tipenya.

3. Power window dengan jam protection pada sisi pengemudi, dan peringatan seat belt bagi penumpang depan.

4. Fitur ISOFIX, yaitu standar internasional untuk sabuk keselamatan khusus anak.

5. Teknologi ABS dan EBD pada pengeremannya. Untuk mobil berhenti secara normal di kecepatan 100 kilometer perjam, akan diperlukan waktu selama 5 detik.

6. Side Impact Beam yang merupakan potongan plat besi kuat untuk menahan benturan dari arah samping yang diletakan di keempat pintunya.

7. GOA (Global Outstanding Assessment) Body. Struktur GOA body akan meneruskan efek benturan ke seluruh bagian bodi untuk meredam kerusakan pada bagian kabin mobil.

8. Collapse Steering Column befungsi untuk mencegah benturan keras pada pengemudi, dimana tulang kemudi Toyota Avanza akan patah ketika terjadi benturan. Sehingga bisa menyelamatkan bagian kepala serta leher pengendara.

9. Kunci immobilizer merupakan suatu sistem keamanan mobil, dimana sistem terintegrasi dengan ECU (electronic control unit) yang ada pada mobil. Berbeda dengan kunci mobil biasa, jenis kunci immobilizer ini dilengkapi dengan microchip yang telah diprogram supaya bisa dikenali oleh ECU. Bila ECU bisa membaca microchip tersebut, maka mesin mobil bisa dinyalakan.

10. Sensor parkir yang akan memberikan peringatan jika objek belakang mobil sudah dekat

Toyota terus mengembangkan dan menerapkan berbagai teknologi yang mendukung faktor keamanan kendaraan. Hal ini dilakukan Toyota untuk memberikan rasa aman pada pengguna Toyota, termasuk Avanza dan Veloz. Tidak hanya bagi pengemudi, tapi juga penumpang.

Sementara itu untuk kinerja mesin, Avanza dan Veloz menggunakan mesin dengan teknologi dual VVT-i dengan kapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc yang memberikan performa lebih baik serta efisiensi bahan bakar lebih optimal, serta dilengkapi dengan pilihan transmisi otomatis dan manual.

 

 

(*)

Artikel Selanjutnya
Alphard Murah Bikin Toyota Semringah
Artikel Selanjutnya
Yamaha XMax 250 Bikin Nagih!