Sukses

Ini Ban yang Cocok Dipakai Saat Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta - Saat musim hujan seperti sekarang ini, sektor kaki-kaki terutama ban menjadi hal yang patut diperhatikan. Sebab, hujan membuat jalanan basah dan licin.

Tak sedikit pengendara baik sepeda motor maupun mobil mengalami selip saat berada di jalanan hingga menimbulkan kecelakaan.

Saat musim hujan, ada tipe ban yang disarankan, yaitu undirectional. Adapun saat kemarau, ban yang direkomendasikan adalah tipe bidirectional.

 

Pada musim hujan seperti saat ini tentu saja ban jenis undirectional lebih menguntungkan. Sebab, jenis ban ini dipercaya dapat memecah air.

Berbagai sumber menyatakan, ciri ban undirectional memiliki telapak berbentuk V atau anak panah. Ban ini bekerja optimal jika diluncurkan searah dengan yang direkomendasikan pabrikan.

Tentu saja, jenis ban ini lebih efektif dalam memecah air. 

Nah, dengan uraian fakta soal ban di atas, kini Anda sudah mengetahui cara dan bagaimana membuat komponen yang satu ini selalu prima. Jadi, segera periksa apakah kendaraan Anda masih menggunakan ban yang layak. 

Saksikan Video Pilihan Berikut:

1 dari 2 halaman

Ban Musim Hujan Sepeda Motor

Setelah membahas jenis ban musim hujan untuk roda empat, kali ini kita kan sedikit mengulas bagaimana dengan ban khusus sepeda motor.

Pada musim hujan, dealer Planet Ban seperti dilansir di situs resminya, menawarkan tiga produknya yang diandalkan saat musim hujan.

Pertama, ban Planeto. Ban ini diklaim cocok digunakan untuk berkendara saat musim hujan karena telah menggunakan teknologi Silica, sehingga daya mencengkeram permukaan jalan lebih baik, berkendara lebih aman, dan terhindar dari selip terutama di track yang menikung.

Teknologi Silica pada ban ini juga membuat lebih awet hingga 80 persen.

Kedua, Aspira Premio Sportivo. Ban ini mengadopsi teknologi ban Italia, yaitu Progressive Groove Design. Ban Sportivo diklaim dapat melakukan manuver dan perjalanan jarak jauh di segala cuaca.

Desain alur dan tapak ban yang berbeda untuk ban depan dan belakang sesuai dengan fungsinya. 

Ketiga, Michelin Pilot MotoGP. Ban ini dilengkapi Silica Rain Technology yang diklaim dapat meningkatkan daya cengkeram ban di permukaan basah tanpa mengurangi usia ban.

Teknologi baru dari soft compound dan desain alur yang berasal dari ban-ban MotoGP memberikan daya cengkeram baik di permukaan kering dengan sensasi balapan.

Artikel Selanjutnya
Ini Manuver Michelin untuk MotoGP San Marino
Artikel Selanjutnya
Michelin Bawa Ban Khusus di MotoGP Misano