Sukses

Sebentar Lagi Mobil Swakemudi Beredar di Jalan Raya

Mobil tanpa supir alias autonomous atau swakemudi, bakal mampu mengaspal secara resmi di jalanan di 2021 mendatang.

Liputan6.com, London - Mobil tanpa sopir alias autonomous atau swakemudi, cepat atau lambat bakal segera terwujud. Bahkan, mobil ini bakal mampu mengaspal secara resmi di jalanan Inggris di 2021 mendatang.

Keputusan ini, merupakan salah satu langkah untuk mendorong industri otomotif, dan teknologinya. Demikian dilansir Autocar, ditulis Rabu (22/11/2017).

Sementara itu, sejumlah produsen Inggris memang sudah menggebrak dengan pengujian mobil autonomos. Pekan lalu, kemitraan Jaguar Land Rover, Ford, dan Tata Motors telah memastikan melakukan percobaan mobil tanpa supir di jalanan umum untuk pertama kali.

Greenwich di London Selatan, dan Olympic Park di Stratford menjadi dua tempat utama untuk uji coba mobil otonom.

Namun, untuk uji coba saat ini masih harus ada pengemudi untuk mengontrol agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Nantinya, aturan baru, berarti ubahan undang-undang lalu lintas jalan bakal memungkinkan pengujian tanpa pengemudi.

Rencana tersebut, bakal membantu Inggris untuk mengejar negara-negara seperti Amerika Serikat dan Singapura yang sudah memimpin dalam pengujian mobil swakemudi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nissan Swakemudi

Pabrikan mobil yang tengah tersandung kasus inpeksi akhir produksi kendaraan, Nissan, resmi memperkenalkan mobil konsep terbarunya, IMx, di Tokyo Motor Show (TMS) 2017. Mobil ini merupakan konsep crossover bertenaga listrik, dan menawarkan sistem swakemudi dengan jarak berkendara mencapai 600 km.

Dengan menawarkan kenyamanan yang belum pernah ada sebelumnya, dan kemampuan untuk mengendalikan mode berkendara, Nissan IMx ingin mentransformasi pengalaman pengemudi saat berkendara.

"Mobil konsep zero-emission crossover IMx ini mewujudkan masa depan Nissan Intelligent Mobility," ujar Daniele Schillaci, Executive Vice President Nissan Motor Co., Ltd., untuk Global Marketing dan Sales, Zero-Emission Vehicles dan Battery Business.

 

Mobil konsep IMx ini mengadopsi platform terbaru dari Nissan EV, yang dirancang untuk mencapai efisiensi yang maksimal. Hal ini, menjadikan desain lantai kendaraan menjadi rata, sehingga menghasilkan kabin yang luas dan dinamika berkendara yang lebih baik.

Nissan IMx didukung sepasang motor listrik berkapasitas tinggi di bagian depan dan belakang, dengan sistem all-wheel drive.

Keduanya menghasilkan daya kombinasi sebesar 320 kW, dan torsi 700 Nm, dengan bersumber dari baterai berkapasitas tinggi yang telah didesain dan direkayasa ulang untuk meningkatkan kerapatan energi.

Baterai baru ini memiliki daya tempuh lebih dari 600 kilometer dengan satu kali pengisian baterai, sehingga penumpang dapat menikmati perjalanan jauh tanpa perlu khawatirkan pengisian ulang daya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.