Sukses

Pakai Mesin Avanza, Toyota Rush Anyar Kejar Efisiensi Bahan Bakar

Liputan6.com, Jakarta - Model low sport utility vehicle (LSUV) andalan PT Toyota Astra Motor (TAM), Toyota Rush, sudah resmi beganti sosok. Model kembaran Daihatsu Terios ini, mendapatkan ubahan yang radikal dari segi eksterior, interior, dan fitur.

Untuk sektor mesin, meskipun berubah dari generasi lawas, tapi menggunakan mesin milik Toyota Avanza, berkode 2NR-VE. Mesin berkapasitas 1,5 liter dengan teknologi dual VVT-i, mampu menghembuskan daya hingga 102,5 Tk dengan torsi maksimum sebesar 136 Nm.

Dijelaskan Eiji Fujibayashi, Chief Engineer Toyota Rush, untuk model baru ini memang menggunakan mesin Avanza, namun dengan tambahan fitur canggih.

"Memang pakai mesin Toyota Avanza," jelas Eiji saat berbincang dengan wartawan di sela-sela peluncuran all new Toyota Rush, belum lama ini.

Lebih lanjut pria asal Jepang ini mengatakan, selain mesin, dari segi transmisi mendapatkan ubahan. Untuk diketahui, Toyota Rush anyar mendapatkan dua sistem transmisi, yaitu manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan.

"Dengan begitu, konsumsi bahan bakarnya jadi lebih efisien," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsumsi BBM Toyota Rush

Menurut data yang diperoleh dari Toyota, all new Toyota Rush lebih hemat 10 persen dari model lawas. Saat berada di kondisi jalan yang padat, Toyota Rush TRD A/T mencatatkan konsumsi 11,3 km/liter. Hasil ini lebih baik dari model TRD Sportivo Ultimo hanya 8,8 km/liter.

Sementara itu, untuk di jalan bebas hambatan, konsumsi BBM all new Toyota Rush TRD A/T 23 km/liter, dan TRD Sportivo Ultimo lawas hanya 19 km/liter.

Jadi, rata-rata konsumsi bahan bakar Toyota Rush baru 19,4 km/liter, sedangkan model lawas 15,4 km/liter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.