Sukses

Alasan Daihatsu Terios Hanya Pakai 2 Airbag

Liputan6.com, Jakarta All new Toyota Rush dan all new Daihatsu Terios akhirnya resmi meluncur di Indonesia, Kamis (23/11/2017). Meski terlihat sama, namun saudara kembar ini memiliki beberapa perbedaan khususnya pada bagian fitur keselamatan airbag.

Ya, all new Toyota Rush kini dilengkapi dengan enam airbag yang terdapat pada pengemudi dan penumpang depan, dua sisi serta jendela kanan-kiri penumpang depan-belakang.

Dengan jumlah airbag yang lebih lengkap, Toyota pun berambisi untuk membuat Rush terbaru masuk dalam pengetesan ASEAN NCAP.

Namun berbeda dengan all new Terios, ternyata fitur airbag pada mobil ini justru lebih sedikit. Sebab Daihatsu hanya memberikan kantung udara pada bagian pengemudi dan penumpang depan.

Hal ini pula membuat pertanyaan, mengapa airbag yang merupakan standar keselamatan hanya diterapkan dua saja pada Daihatsu Terios?

 

1 dari 2 halaman

Tanggapan Daihatsu

Menanggapi hal tersebut, Executive Domestic Marketing, Rocky Irvayanto mengatakan hal ini karena keinginan konsumen.

"Seperti ibu Amel bilang (Direktur Marketing PT ADM) Daihatsu melakukan survei lebih dahulu. Hasil survei banyak konsumen pilih di depan (pengemudi dan penumpang)," kata Rocky usai peluncuran all new Terios.

Lebih lanjut Rocky menuturkan, untuk bagian samping Terios sudah memiliki Side Impact Beam. Bagian ini diklaim dapat melindungi sisi samping mobil dari tumbukan seperti terjadi tabrakan frontal sehingga tidak hancur.

Penggunaan airbag atau kantung udara menjadi perangkat keselamatan yang sudah umum dibenamkan mobil terbaru. Namun demikian airbag bukan menjadi faktor utama melindungi konsumen saat terjadi kecelakaan, jika pengemudi dan penumpang tidak menggunakan seat belt atau sabuk pengaman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Takata Bermasalah, Toyota Ganti Vendor Airbag?
Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Rem Blong dan Recall Toyota Indonesia