Sukses

Mobil 7 Penumpang, Pilih Daihatsu Terios atau Toyota Veloz?

Liputan6.com, Jakarta All new Daihatsu Terios yang baru diperkenalkan pekan lalu, hadir tidak sebagai ancaman saja di kelas LSUV. Bahkan, bisa juga Terios menarik minat konsumen yang mengincar Toyota Veloz. Mengapa tidak? Harga keduanya berdekatan dan sama-sama menawarkan kapasitas 7-penumpang.

Harga resmi all new Daihatsu Terios memang belum diumumkan, tapi laman oto.com menampilkan perkiraan harga yang berkisar Rp 199,2 juta hingga Rp 246 juta. Dari mana angka tersebut? Daihatsu mengatakan harga all new Daihatsu Terios akan mengalami kenaikan Rp 3-4 jutaan. Sedangkan Toyota Veloz 1.3 dibanderol mulai dari Rp 215 - 226, 8 juta, dan Veloz 1.5 ditawarkan dari Rp 227-238,8 juta on the road Jakarta.

Kali ini Liputan6.com akan membandingkan Daihatsu Terios varian X AT (prediksi harga Rp 220,35 juta) dengan Toyota Veloz 1.3 AT (Rp 226,8 juta) dan Toyota Veloz 1.5 MT (Rp 227 juta). Mengapa kami memilih ketiga mobil tersebut? Karena dari segi harga ketiganya cukup berdekatan.

 

1 dari 4 halaman

Dimensi

Daihatsu Terios memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.705 mm. Jarak sumbunya 2.685 mm dengan ground clearance 220 mm. Berat totalnya 1.695 kg. Peleknya mengadopsi ukuran 16 inci.

Toyota Veloz memiliki panjang 4.200 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm. Jarak sumbunya 2.655 mm dengan ground clearance 200 mm. Peleknya mengadopsi ukuran 15 inci. Sayangnya, Toyota tidak menyematkan spesifikasi berat total di laman resminya.

Dari data tersebut, terlihat dengan jelas Daihatsu Terios unggul dari segi dimensi dan juga ground clearance. Pelek berukuran 16 inci tentu membuatnya terlihat lebih menarik. 

 

2 dari 4 halaman

Mesin dan Transmisi

Daihatsu Terios mengadopsi mesin 1,5 liter yang sudah terlebih dahulu digunakan oleh Toyota Avanza. Salah satu teknologi baru pada mesin tersebut adalah Dual VVTi yang diklaim sanggup memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Mesin berkode 2NR VE tersebut sudah berteknologi DOHC dengan Dual VVTi dengan kapasitas 1.496 cc. Tenaga yang dihasilkan 102 Tk pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 136 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 4-percepatan.

Mesin tersebut tentu digunakan untuk Veloz 1.5. Bedanya, Veloz 1.5 MT mengandalkan transmisi manual 5-percepatan untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang.

Sedangkan Veloz 1.3 AT mengadopsi mesin 1NR berteknologi Dual VVTi yang memuntahkan tenaga 95 Tk pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 rpm. Seperti halnya Terios, tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 4-percepatan.

 

3 dari 4 halaman

Mana yang Terbaik?

Fitur keselamatan

Daihatsu Terios X AT sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan kantung udara ganda untuk pengemudi dan penumpang depan, ABS + EBD, dan side impact beam. Toyota Veloz juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang memadai, seperti airbag ganda untuk pengemudi dan penumpang depan, ABS, dan side impact beam.

Mana yang lebih baik?

Prediksi harga all new Daihatsu Terios yang bersinggungan dengan Toyota Veloz dapat menjadi ancaman bagi Veloz. Karena, dengan harga yang cukup bersaing, Terios menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki oleh Toyota Veloz. Jika membandingkan Terios X AT dengan Veloz 1.3 MT, harga Terios yang lebih murah 6 jutaan menawarkan desain yang lebih segar ditambah dengan mesin yang lebih bertenaga.

Sama halnya saat dibandingkan dengan Veloz 1.5 AT, dengan harga yang lebih murah 6 jutaan, Terios terlihat lebih segar dan juga lebih nyaman berkat penggunaan transmisi berjenis otomatis. Selain itu, dimensi Terios yang lebih bongsor memberikan kesan yang lebih tangguh dibanding Veloz.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Takata Bermasalah, Toyota Ganti Vendor Airbag?
Artikel Selanjutnya
Alphard Murah Bikin Toyota Semringah