Sukses

Sangar, Volvo Jadul Ini Dijejali Mesin Tank

Mesin mobil ini rupanya dicomot dari sebuah kendaraan militer Brobandvagn, yang dapat digunakan sebagai jembatan lipat.

Liputan6.com, Jakarta - Merek mobil Volvo dikenal dengan kendaraan yang memiliki tradisi keselamatan tingkat tinggi. Namun di tangan seorang yang punya inovasi, Volvo bisa saja jadi mobil yang sangat sangar dan keren.

Setidaknya hal itu dilakukan seorang pemilik Volvo PV544 bernama Victor Jonsson. Dia memodifikasi mobil Volvo lansiran 1960 itu dengan merombak pada bagian jantung pacu menggunakan mesin Diesel 38,3 liter transmash V12. Demikian dilansir Motor1, Senin (27/11/2017).

Tak tanggung-tanggung, mesin mobil ini rupanya dicomot dari sebuah kendaraan militer Brobandvagn, yang dapat digunakan sebagai jembatan lipat yang disebut Brobandvagn 971. Setidaknya kendaraan tempur ini dibuat dengan basis dari tank T-55 milik Rusia.

Sementara menurut The Drive, mesin dari Brobandvagn 971 ini sangar besar, karena mampu menghasilkan daya hingga 520 Tk dan torsi 1.696 lb-ft.

Tentu saja angka tenaga dan torsi ini berkali-kali lipat dari Volvo PV544 yang hanya menyematkan mesin B16 berkapasitas 1,6 liter empat segaris, yang hanya menyemburkan daya 66 Tk dan torsi 86 lb-ft.

 

Tentu saja, mesin yang besar diperlukan karena bobot tank ini mencapai 36,6 ton. Alhasil, tank ini memerlukan akselerasi yang juga seimbang. Hanya saja dapat dipastikan besarnya mesin yang digunakan tentu akan membutuhkan jumlah bahan bakar.

Setidaknya, dengan disematkan mesin tersebut di Volvo PV544, mobil akan lebih ringan sekaligus menjadi seimbang. Jonsson menggunakan sasis kustom sehingga memiliki panjang hampir enam meter, dengan tambahan penggunaan suspensi depan dari truk heavy duty GM yang disesuaikan dengan as roda belakang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Modifikasi Mobil Nyeleneh Bikin Emosi

Menjadi hal yang biasa jika mobil hasil modifikasi tampil mencolok karena desainnya yang dianggap mengagumkan.

Namun, tak semua mobil hasil rombakan dapat dilihat sangat memuaskan. Sebab, sejumlah mobil hasil modifikasi juga bisa menjadi bulan-bulanan, karena tampangnya aneh.

Seperti dilansir Carbuzz, setidaknya mobil dengan tampang mengerikan hasil modifikasi banyak ditemukan. Tak heran jika melihatnya pasti ingin mengejeknya.

Dari sekian banyak mobil yang telah dibuat pabrikan otomotif agar menarik, ternyata banyak konsumen yang merasa bosan dan memutuskan untuk mengubahnya.

Salah satunya adalah sebuah mobil sedan dengan tema Pegasus. Tampangnya sangat mencolok, karena selain mengecat bodi mobil dengan teknik air brush, mobil ini juga dilengkapi tanduk pada bagian kap mesin.

Selain itu, ada juga sebuah sosok mobil sedan yang dirombak agar mirip pabrikan otomotif asal Italia, Ferrari. Namun, tampangnya tersebut justru membuat siapa pun yang melihatnya dapat mengerutkan dahi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.